...

Bacaan Dan Tata Cara Sholat Lengkap 5 Waktu Yang Benar

Bacaan Dan Tata Cara Sholat - Tuntunan sholat lengkap 5 waktu tulisan Arab, Latin dan terjemahannya beserta mp3 bacaan bacaan sholat yang benar bisa teman teman pelajari dengan sangat mudah dan jelas serta ringkas di dataislami.com.

Bacaan Dan Tata Cara Sholat Lengkap 5 Waktu Yang Benar


Sholat merupakan tiang agama dan juga merupakan amalan yang akan ditanyakan pertama kali kelak di hari pembalasan, barang siapa yang sholatnya baik maka seluruh amalannya pun akan baik dan begitu pula sebaliknya, jika seseorang itu amalan sholatnya buruk maka buruk pula semua amalannya. Sholat juga merupakan salah satu dari rukun islam yang wajib untuk kita imani dan kerjakan.

Namun perlu diperhatikan dalam sholat adalah rukun rukun sholat, karena bila kita meninggalkan dengan sengaja salah satu rukun saja maka sholat kita dianggap tidak sah dan kita harus untuk mengulangi sholat tersebut. Namun ada beberapa keringanan untuk sholat-sholat tertentu yang kita tidak diharuskan mengikuti salah satu rukun, sebagai contoh rukun menghadap kiblat bagi orang orang yang sedang dalam perjalanan menggunakan perahu atau pesawat terbang. Bila di khawatirkan sholatnya bisa luput, maka tidak mengapa jika tak menghadap kiblat dan masih banyak lagi keringanan keringanan dalam sholat berdasarkan syariat yang benar.

Baik, langsung saja kita membahas inti dari tema kita kali ini yaitu bacaan dan tata cara sholat. Berikut ini ulasan selengkapnya dan silahkan dipelajari dengan amalkan.

Bacaan Dan Tata Cara Sholat Wajib 5 Waktu Lengkap


Didalam islam terdapat 5 waktu sholat yang wajib untuk dikerjakan oleh semua orang yang sudah mencapai akhil baligh, dan berikut ini urutan tata cara dan bacaan sholat wajib 5 waktu tersebut.

1. Niat Dalam Sholat

Bacaan dan tata cara sholat yang pertama adalah niat, dalam sholat kita cukup meniatkan dalam hati saja dan tidak perlu untuk mengeraskannya (berdasarkan beberapa penjelasan kajian islam itu adalah sebuah kebid'ahan). Meniatkan sholat dalam hati itu di dasarkan dari sebuah hadits berikut.

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ.

Artinya : Dari Amirul Mu’minin ayahnya Hafs Umar bin Al Khattab RA, beliau mengatakan, "Aku mendengar bahwasannya Rasulullah S.A.W bersabda: Sesungguhnya setiap amal perbuatan itu tergantung dari pada niatnya. Dan sungguh setiap orang (akan mendapati balasannya) berdasarkan apa yang telah diniatkan. Barang siapa yang hijrahnya tersebut karena Allah dan juga Rasul-Nya, maka hijrahnya tersebut akan menuju pada (keridhaan) Allah dan juga Rasul-Nya. Dan brangsiapa yang hijrahnya itu karena ingin kehidupan dunia yang layak atau karena seorang wanita yang ingin dia nikahi, maka hijrahnya tersebut (akan mendapatkan nilai seperti) yang telah ia niatkan. (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)


 2. Takbiratul Ihram

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah takbir, bertakbir merupakan salah satu rukun dari sholat, takbiratul ihram sendiri dilakukan dengan cara mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu atau paling tinggi sampai ujung telinga dengan merapatkan jari jemari atau merenggangkannya. Adapun cara takbiratul ihram itu ada tiga dalam kitab sifat sholat Nabi Shallallahu'alaihi Wa Sallam dan semuanya sah berdasarkan sunnah, berikut tata cara sholat di saat takbiratul ihram.


  1.  "Mengangkat tangan lalu bersedekap " (baru Allahu akbar).
  2.  "Allahu akbar" (bersamaan dengan mengankat tangan).
  3.  "Allahu akbar" (baru mengangkat tangan).

Setelah kita bertakbiratul ihram, kita di haramkan untuk melakukan beberapa hal yang diharamkan oleh Allah Ta'ala dalam Sholat (seperti makan, minum dll), ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu'alaihi Wa Sallam berikut ini yang artinya.

Artinya : " Pembuka dalam Sholat adalah bersuci, pengharamnya ialah takbir, sedangkan penghalalannya ialah salam.

Kita tidak boleh mengeraskan bacaan takbir disemua sholat kecuali kita bertindak sebagai seorang imam sholat, dan boleh untuk orang yang mengumandangkan adzan (muadzin) mengeraskan bacaan takbir kepada seluruh jamaah jika dalam kondisi yang memungkinkan seperti dalam keadaan imam sedang sakit dan lemah suaranya sehingga hanya beberapa orang saja yang bisa mendengarnya, atau seperti sholat di masjid masjid yang ramai jamaahnya sehingga memungkinkan untuk seorang muadzin mengeraskan takbir meneruskan takbir imam.

3. Bersedekap Setelah Takbiratul Ihram

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah bersedekap, adapun bersedekap dalam sholat setelah takbir itu adalah sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi Wa Sallam, adapun cara bersedekap yang benar adalah dengan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri, dan dalam kitab sifat sholat nabi itu ada tiga jenis bersedekap, berikut ini penjelasannya.


  1. Bersedekap dengan meletakkan telapak tangan kanan di atas tangan kiri tidak melebihi siku tangan kiri.
  2. Bersedekap dengan meletakkan tangan kanan di pergelangan tangan kiri.
  3. Menggenggam punggung tangan kiri dengan tangan kanan.
Dan semuanya diletakkan di dada saja (diatas pusar), untuk kaum laki laki dan wanita semua sama.

4. Pandangan Dalam Sholat

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya kita tidak diperbolehkan untuk memandang ke kanan-kiri atau ke atas, kerena itu adalah curian yang dilakukan oleh syaiton dalam sholat seseorang. Dan pandangan yang benar adalah memandang ke tempat sujud dengan penuh ke khusu'an.

5. Mengeraskan Bacaan Dan Mengecilkannya

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah hukum mengeraskan bacaan sholat, adapun mengeraskan bacaan sholat itu disunnahkan pada rakaat pertama dan kedua sholat maghrib dan isya dan subuh, kemudian melirihkan bacaan setelah rekaat ke dua (seperti rakaat ke 3 dan ke 4). Dan pada shlolat dhuhur dan ashar dilirihkan di semua bacaannya.

Namun untuk sholat lail boleh mengeraskan dan boleh pulu untuk melirihkannya. dan untuk sholat sholat ied, khusuf, shalat istisqa, dan sholat jum'at bacaannya di keraskan.

Dan yang menjadi point penting dalam membaca adalah dengan tartil yang tepat serta tuma'ninah dalam setiap bacaannya agar bisa di hayati setiap maknanya.

6. Membaca Doa Iftitah

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah membaca doa iftitah atau istiftah merupakan bacaan doa pembuka dalam sholat yang di sunnahkan, berikut ini bacaan doa iftitah yang diajarkan oleh nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wa Sallam kepada umatnya.


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ تَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلَا إِلَهَ غَيْرُكَ 


" SUBHAANAKALLAHUMMA WABIHAMDIKA TABAA RAKASMUKA WA TA'ALA JADDUKA WALAA ILA GHOIRUKA "

Artinya : " Maha suci Engkau ya Allah, saya mensucikan nama-Mu dengan memuji-Mu. Nama-Mu penuh dengan berkah. Maha tinggi Engkau. Tiada Tuhan yang berhak untuk di sembah kecualai Engkau". (Hadits Riwayat Abu Daud Nomor 1/124, An Nasa'i Nomor 1/143, At Tirmidzi Nomor 2/9-10, Ad Darimi Nomor 1/282, Ibnu Maajah Nomor 1/268. Dan dari sahabat Abu Sa’id Al Khudri, hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Kitab sifat sholat nabi 1/252)



Audio Doa Iftitah : Download

Catatan !!
Terdapat banyak sekali doa iftitah yang dicontohkan dan disunnahkan, kami sudah membahasnya di postingan kami yang lalu berjudul " Doa Doa Iftitah Sesuai Sunnah ", silahkan teman teman pelajari lebih lanjut di sana.

7. Membaca Kalimat Isti’adzah

Bacaan Dan Tata Cara Sholat selanjutnya yakni disunnahkan untuk mengucapkan bacaan Isti’adzah dalam sholat setelah membaca doa istiftaf, adapun kalimat Isti’adzah itu biasa kita sebut dengan bacaan ta'awudz,  terdapat banyak jenis bacaan ta'awud yang disunnahkan dan berikut ini beberapa lafadznya yang cukup terkenal di kalangan umat muslim tanah air. Dan disunnahkan untuk membacanya dengan lirih.

1. Bacaan Ta'awudz ke-1

أَعُوذُ بِاَللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


" A'UUDZU BILLAAHI MINAS SYAITHAANIR RAJIIM "

Artinya : " aku meminta perlindungan pada Allah dari setan yang terkutuk ".

2. Bacaan Ta'awudz ke-2

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم؛ من هَمْزِه، ونَفْخِه، ونَفْثِه

" A'UUDZU BILLAAHI MINASY SYAITHAANIR RAJIIM, MIN HAMZIHI WANAFKHIHI, WANAFTSIH "


Artinya : " Aku meminta perlindungan pada Allah, dari godaan setan yang terkutuk, yakni dari gangguannya, dan kesombongannya dan sya’irnya".


8. Membaca Surat Al Fatihah

Bacaan Dan Tata Cara Sholat selanjutnya adalah membaca surat Al Fatihah, surat ini dibaca di semua rakaat sholat dan untuk bacaan ini kita boleh mengeraskan bacaan "bismillahirrahmanirrahim" atau tidak mengeraskannya. Adapun bacaan surat Al Fatihah adalah sebagai berikut.

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ


ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ


ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ


مَٰلِكِ يَوۡمِ ٱلدِّينِ


إِيَّاكَ نَعۡبُدُ وَإِيَّاكَ نَسۡتَعِينُ


ٱهۡدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلۡمُسۡتَقِيمَ


صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ غَيۡرِ ٱلۡمَغۡضُوبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ



Bacaan Latin Surat Al Fatihah

1. " Bismillahirrahmaanirrahiim "

2. " Alhamdulillahi rabbil 'alamiin "

3. "Ar Rahmaa nirrahiim"

4. " Maaliki yaumiddiin "

5. " Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin "

6. " Ihdinash-shirraatal musthaqiim"

7. " Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh-dhaalliin "


Arti Surat Al Fatihah

1. "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasi: Maha Penyayang"

2. "Segala puji hanya untuk Allah, Rabb semesta alam."

3. "Maha Pengasih lagi Maha Penyayang"

4. "Yang merajai hari pembalasan"

5. "Hanya kepada-Mu lah kami menyembah; dan hanya kepada-Mu lah kami memohon pertolongan"

6. "Tunjukilah (bagi) kami jalan yang lurus,"

7. "(Yaitu) Jalan bagi orang-orang yang Engkau beri nikmat pada mereka; dan bukan (jalan) bagi mereka yang mendapat murka dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."



Audio Surat Al Fatihah Dan Artinya

Untuk yang belum bisa menghafal surat Al Fatihah, bisa membaca kalimat berikut.


سُبْحَانَ اللّهِ  - والْحَمْدُللّهِ - وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ - وَ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بالله

" Subhanallah, wal hamdulillah wala ilaha illallah, walaa haula wala quwwata illaa billah "

Namun alangkah lebih afdhol jika kita memnghafal surat Al Fatihah, kemudian saat membaca surat Al Fatihah di sunnahkan untuk berhenti sejenak di setiap ayatnya dan pada kalimat "maalikiyaumidin " di perbolehkan untuk membaca panjang atau pendek pada kalimat " maliki atau maaliki ".

Catatan !!
Untuk teman teman yang ingin mendapatkan audio surat Al Fatihah yang lebih banyak pilihannya, silahkan kunjungi postingan kami yang lalu dengan judul " Download Surat Al Fatihah Suara Medu "

 9. Membaca Surat Surat Atau Ayat Quran

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah disunnahkan untuk membaca surat surat atau ayat Al Quran di 2 rakaat pertama dalam sholat. Kemudian disunnahkan pada rakaat pertama surat atau ayat yang di baca lebih panjang dari pada rakaat kedua, dan pada kondisi tertentu di perboleh untuk meringkas bacaan surat atau ayat setelah Al Fatihah karena beberapa alasan seperti saat sedang safar, jamaah banyak orang yang sudah tua (khusus sholat berjamaah), ada anak menangis dan lain lain.

Kemudian panjang pendek bacaan surat atau ayat dalam sholat itu didasarkan pada jenis sholat nya, seperti bacaan sholat subuh itu lebih panjang di banding sholat dhuhur dan seterusnya dan seterusnya. Kemudian untuk sholat malam (qiyamul lail) bacaan yang di baca disunnahkan untuk surat surat yang panjang (jika memiliki hafalan Al Quran).



Contoh Bacaan Surat Al Quran (Surat Al Lail)

Catatan !!


Untuk teman teman yang ingin menghafal surat surat pendek di dalam Al Quran, sebelumnya kami sudah membuat postingan yang berjudul " Bacaan Surat Surat Pendek Dalam Al Quran ". Silahkan anda pelajari dan hafalkan disana.

10. Ruku'


Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah ruku'. Adapun tata cara ruku adalah sebagai berikut.


  1. Melatakkan Kedua tangan (telapak tangan) Pada Lutut. [HR. Abu Daud nomor 863 dan An Nasai nomor 1037. Al Hafizh Abu Thohir berkata sanad hadits ini adalah hasan].
  2. Mensejajarkan Kepada Dengan Punggung. [HR. Ibnu Majah nomor 1061 dan Abu Daud nomor 730. Al Hafizh Abu Thohir berkata bahwa hadits ini adalah shahih].
  3.  Membaca Bacaan Doa Saat Ruku.
Adapun bacaan doa saat ruku yang cukup terkenal ada beberapa dan boleh untuk di baca, seperti doa berikut ini.

1. Bacaan Doa Ruku' Ke-1


سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ

" Subhana robbiyal ‘azhimi wa bi hamdih "

Artinya: "Maha Suci Tuhan ku, Zat Yang Maha Agung dan segala pujian untuk-Nya." dibaca tiga kali. (HR. Abu Daud nomor 870. Al Hafizh Abu Thohir berkata bahwa hadits ini shahih, begitu juga dengan Syaikh Al Albani dalam kitab Shifat Shalat Nabi, halaman 115, beliau berkata hadits ini diriwayatkan juga oleh Al Baihaqi, Ath Thobroni, Ahmad, dan juga Ad Daruquthni).


2. Bacaan Doa Ruku' Ke-2

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى

 " Subhanakallahumma rabbana wa bihamdika, allahummaghfirlii "

Artinya : " Maha Suci Engkau Ya Allah, Tuhan kami, segala pujian bagi-Mu, Ya Allah ampunilah aku " [HR. Bukhari nomor 817 dan Muslim nomor 484].



Audio Bacaan Doa Saat Ruku' : Download

Catatan !!


Untuk teman teman yang ingin mempelajari macam macam bacaan doa saat ruku'. Silahkan pelajari pada postingan kami yang lalu berjudul " Bacaan Doa Ruku Dan Posisinya Yang Benar ".

11. Bangkit Dari Ruku (I'tidal)

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah bangkit dari ruku atau bisa disebut dengan I'tidal, adapaun tata caranya adalah sebagai berikut.


  1. Bangkit dari ruku dengan mengangkat kepala sambil mengangkat kedua tangan.
  2. Ketika bangkit dari ruku membaca kalimat "sami’allahu liman hamidah", kalimat ini hanya berlaku untuk imam sholat dan orang yang sholat sendirian (munfarid). [HR. Bukhari nomor 689 dan Muslim nomor 411].
  3. Kemudin membaca doa bangkit dari ruku.
Adapun bacaan bangkit dari ruku itu ada bermacam macam, dan yang cukup terkenal di kalangan umat muslim tanah air adalah kalimat doa berikut :

رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ

" Rabbana walakal hamdu "

Artinya : " Wahai Tuhan kami, segala puji untuk-Mu." [HR. Bukhari nomor 689 dan Muslim nomor 411].



Audio Doa Bangkit Dari Ruku (Syaikh Saad Al Ghamidi) : Download

Catatan !!


Untuk teman teman yang ingin mempelajari bacaan bacaan doa bangkit dari ruku, silahkan pelajari pada postingan kami yang lalu berjudul " Bacaan Doa Bangun Dari Ruku' ".

12. Sujud Dalam Sholat

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah sujud, ketika selesai membaca bacaan i'tidal kita lanjutkan dengan mengucapkan kalimat takbir "Allahu Akbar ". Kalimat ini bisa di ucapkan sebelum turun sujud atau bersamaan saat sujud atau bisa turun terlebih dahulu lalu mengucapkan "Allahu Akbar". Dan saat takbir turun sujud kita tidak perlu untuk mengangkat kedua tangan

Ketika ada 7 anggota tubuh yang menempel di berdasarkan Hadits Riwayat Bukhari nomor 812 dan Muslim nomor 490, antara lain adalah :

1. Dahi (termasuk hidung).
2. Telapak tangan kanan.
3. Telapak tangan kiri.
4. Lutut kanan.
5. Lutut kiri.
6. Ujung jari kanan.
7. Ujung jari kiri.

Kemudian saat sujud membaca doa sujud dan di sunnahkan untuk lama dalam sujud ketika sholat karena sujud adalah waktu di mana seorang hamba sangat dekat dengan Rabb-nya, bacaan doa sujud yang cukup terkenal di kalangan umat islam tanah air adalah bacaan berikut ini.

1. Doa Saat Sujud Ke-1

3x سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

"subhaana rabbiyal a'laa" di baca 3 kali

Artinya : "Maha Suci Tuhanku Zat Yang Maha Tinggi." di baca 3 kali
[HR. Muslim nomor 772 dan Abu Daud nomor 871]

2. Doa Sujud Ke-2

3x سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

" Subhana robbiyal a’laa wa bi hamdih " dibaca 3 kali


Artinya: "Maha Suci Tuhanku Zat Yang Maha Tinggi dan segala pujian untuk-Nya" di baca tiga kali. [HR. Abu Daud nomor 870, sanad hadits ini adalah shahih].




Audio Bacaan Doa Saat Sujud : Download

Catatan !!


Ada banyak jenis bacaan saat sujud, dan untuk teman teman yang ingin mengetahuinya silahkan pelajari di postingan kami sebelumnya dengan tema " Bacaan Doa Sujud ". 

13. Duduk Diantara Dua Sujud

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah duduk diantara dua sujud, ini dilakukan setelah kita selesai membaca doa sujud lalu bertakbir untuk menuju posisi duduk antara dua sujud. Adapun tata cara dan juga posisinya beserta bacaannya adalah sebagai berikut.

A. Posisi duduk antara dua sujud

Posisi yang benar adalah dengan menegakkan telapak kaki kanan dan menekuk jari jemarinya kearah kiblat, lalu kaki kiri diduduki. Duduk seperti ini disebut dengan duduk iftirosy.

B. Bacaan doa duduk antara dua sujud


رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي.


" Robbighfirlii warahmnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii "


Artinya: Ya Rabb ampunilah diriku, rahmatilah diriku, dan berilah kecukupan diriku, dan tinggikanlah derajat diriku, dan berilah rezeki serta petunjuk untuk diriku." (Hadits Riwayat Ahmad 1: 371. Syaikh Syu’aib Al Arnauth berkata bahwasannya sanad hadits ini adalah hasan).





Audio Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud : Download

Catatan !!


Terdapat beberapa bacaan doa duduk antara dua sujud yang bisa teman teman hafalkan, silahkan pelajari selengkapnya pada postingan kami sebelumnya yang berjudul "Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud".

14. Duduk Tahiyat Awal dan Akhir

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah duduk tahiyat, adapaun duduk ini disebut juga dengan duduk ifitrosy (duduk tahiyat awal yang dilakukan di sholat yang ada 2 bacaan tahiyat seperti maghrib, isya, dhuhur dan ashar) dan duduk tawarruk (duduk tahiyat akhir). duduk ini dilakukan setelah kita selesai dari sujud yang kedua dalam sholat dan sujud yang terakhir dalam sholat sebelum salam. Adapun posisinya dan juga bacaan doanya adalah sebagai berikut.

A. Duduk tahiyat Awal

Duduk ini dilakukan dengan menegakkan telapak kaki kanan dan menekuk jari jemari kaki ke arah kiblat lalu kaki kiri diduduki (duduk iftirosy).

B. Posisi duduk tahiyat akhir

Posisi yang benar untuk duduk tawarruk (duduk tahiyat akhir) adalah dengan menegakkan telapak kaki kanan dan menekuk jari jemarinya kearah kiblat, sedangkan kaki kiri di masukkan di bawah kaki kanan kemudian pantat kita di dudukan di lantai atau tanah.

B. Bacaan Doa Tahiyat Awal  Dan Akhir

Ada beberapa bacaan doa tahiyat awal dan akhir yang disunnahkan oleh nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam kepada kita, dan bacaan tersebut sering di baca oleh jamaah Muhammadiyah dan NU. Bacaan tahiyat awal dan akhir adalah sama, hanya yang membedakan adalah pada tahiyat awal tidak terdapat salam melainkan kita langsung berdiri untuk mengelanjutkan rakaat berikutnya (ini untuk sholat yang memiliki 2 rakaat) dan pada tahiyat akhir terdapat salam yakni penutut sholat. Dan berikut ini bacaan tahiyat awal dan akhir.


التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

" At tahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaat lillah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barokaatuh. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillahish sholihiin. Asyhadu alla ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuuluh "


Artinya: Segala kata selamat, keberkahan, shalawat, serta kebaikan hanyalah untuk Allah. Semoga kesejahteraan dilcurahkan untuk Nabi beserta rahmat Allah dan berakah-Nya. Semoga kesejahteraan dicurahkan juga untuk kami dan seluruh hamba-Nya yang shalih. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak untuk diibadahi kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwasannya Nabi Muhammad adalah hamba dan juga utusan Allah)". (Hadits Riwayat. Muslim nomor : 403).

Kemudian ditambah dengan bacaan sholawat kepada nabi dan keluarganya, baik pada tahiyat awal ataupun tahiyat akhir. Berikut ini bacaannya.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ


" Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa shollaita ‘ala Ibroohim wa ‘ala aali Ibrohim, innaka hamidun majiid. Allahumma baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa baarokta ‘ala Ibrohim wa ‘ala aali Ibrohimm innaka hamidun majiid "

Artinya : Ya Allah, semoga sholawat dilimpahkan untuk Nabi Muhammad beserta keluarganya, seperti yang dilimpahkan kepada Nabi Ibrahim beserta keluarganya, sesungguhnya Engkau adalah Zat Yang Maha Terpuji dan Zat Yang Maha Mulia. Ya Allah, semoga keberkahan dilimpahkan untuk Nabi Muhammad beserta keluarga Muhammad, seperti yang terlimpahkan kepada Nabi Ibrahim beserta keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau adalah Zat Maha Terpuji dan Maha Mulia)." (Hadits Riwayat Bukhari nomor 4797 dan Muslim nomor 406, dari Ka’ab bin ‘Ujroh).

Bacaan Sholawat yang paling minimal adalah dengan membaca bacaan berikut :

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَ مُحَمَّدٍ

" Allahumma sholli ‘ala Muhammad "

Artinya: " Ya Allah, semoga shalawat dilimpahkan untuk Nabi Muhammad". (Roudhotuth Tholibin 1: 187).



Bacaan Doa Tahiyat : Download

Catatan !!


Untuk bacaan tahiyat ada beberapa versi bacaan, silahkan pelajari selengkapnya pada postingan kami yang lalu berjudul " Bacaan Doa Tahiyat Awal Dan Akhir ".

15. Doa Sebelum Salam Setelah Tahiyat Akhir

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah disunnahkan untuk kita umat nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wa Sallam agar membaca doa sebelum salam akan 4 perkara yakni agar kita dihindarkan dari azab jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan setelah mati serta dari fitnah dajjal. Adapun bacaan nya adalah sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ 

" ALLAHUMMA INNI 'AUDHUBIKAN MIN ADZABIL QUBRI WAMIN ADZABINNAAR WAMIN ADZABI JAHAANAM, WAMIN FITNATILMAHYA WAL MAMATI WAMIN FITNATILMASIIHIDDAJJAL " 

Artinya : " Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu akan siksa kubur dan (siksa api neraka) Jahanam dan dari fitnah ketika hidup dan fitnah setelah datang kematian, dan dari fitnah Dajjal Al-Masih." [HR. Bukhaariy Muslim]




Audio Doa Sebelum Salam Setelah Tahiyat Akhir : Download

Catatan !!


Ada beberapa jenis bacaan sebelum salam setelah tahiyat akhir, dan kami sudah membahasnya pada postingan yang berjudul " Bacaan Doa Sebelum Salam Setelah Tahiyat Akhir ". Silahkan teman teman pelajari di sana.

16. Salam

Bacaan dan tata cara sholat selanjutnya adalah salam, yakni mengucapkan "Assalamualaikum Wa Rahmatullah" atau yang lebih lengkap lagi yakni " Assalamualaikum Wa Rahmatullah Hiwabarakaatu " sebanyak dua kali, yakni masing masing satu kali pada saat menoleh ke kenan lalu ke kiri.

Usai sudah pembahasan kita kali ini pada tema bacaan dan tata cara sholat lengkap, semoga kita bisa mengamalkan dan selalu istiqomah dalam menjalankan perintah perintah Allah dan menjauhi segala apa yang telah Allah larang, terimakasih.

0 Response to "Bacaan Dan Tata Cara Sholat Lengkap 5 Waktu Yang Benar"

Post a comment

Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron