...

Bacaan Saat Sujud Dan Posisinya Yang Benar

Bacaan Saat Sujud Dan Posisinya Yang Benar - Dalam Shalat terdapat macam macam bacaan doa sholat yang perlu untuk di hafalkan, seperti yang di pakai jamaah Muhammadiyah dan NU yang merupakan jamaah paling besar di Indonesia. Semuanya sesuai dengan apa yang dicontohkan serta tertera dalam kitab sifat shalat nabi yang merupakan kitab rujukan paling di rekomendasikan untuk para muslimin dan muslimah yang sudah wajib untuk shalat atau sudah baligh.

Bacaan Saat Sujud Dan Posisinya Yang Benar

Dan untuk pembahasan yang pertama kita pelajari terlebih dahulu posisi sujud yang benar sesuai dengan Hadits Riwayat Bukhari nomor 812 dan Muslim nomor 490. Adapun dalam hadits tersebut terdapat 7 anggota badan yang sujud, dan berikut ini penjelasan selengkapnya.

Posisi Sujud Yang Benar

Turun menuju sujud setelah membaca bacaan bangun dari ruku (I'tidal) tanpa mengangkat tangan, lalu sujud dengan 7 anggota badan diantaranta adalah :

1. Dahi (termasuk juga hidung), keduanya menempel pada tanah/lantai.

2. Telapak Tangan Kanan, telapak tangan yang menempel pada tanah/lantai dengan jari jemari yang diarahkan menuju arah kiblat.

3. Telapak Tangan Kiri,  telapak tangan yang menempel pada tanah/lantai dengan jari jemari yang diarahkan menuju arah kiblat.

4. Lutut Kanan, Lutut di tempelkan ke tanah/lantai.

5. Lutut Kiri, Lutut di tempelkan ke tanah/lantai.

6. Ujung Kaki Kanan, Telapak kaki kanan yang dirapatkan dengan kaki kiri kemudian jari jemari kaki diarahkan ke arah kiblat.

7. Ujung Kaki Kiri, Telapak kaki kiri yang dirapatkan dengan kaki kanan kemudian jari jemari kaki diarahkan ke arah kiblat.

Dan itu lah posisi sujud dalam shalat yang benar, kemudian kita akan membahas macam macam bacaan ketika sujud. Berikut ini penjelasan selengkapnya.


Macam Macam Bacaan Saat Sujud


Terdapat beberapa macam bacaan yang bisa teman teman pilih salah satu untuk di hafalkan dan di amalkan, namun alangkah lebih baiknya jika kita menghafal semuanya lalu membacanya ketika sujud. Namun perlu di ingat dalam satu shalat cukup satu jenis bacaan saja, kemudian jika ingin membaca bacaan doa saat sujud lainnya bisa di baca ketika mengerjakan sholat berikutnya. Dan berikut ini macam macam bacaan doa saat sujud.



سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

SUBHAANA ROBBIYAL A'LA

Artinya : "Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi" [HR. Muslim nomor 772 dan Abu Daud nomor 871].


Boleh Juga membaca bacaan saat sujud berikut ini :

سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

"SUBHANA RABBIYAL A'LAA WABI HAMDIH"

Artinya: "Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi dan segala pujian bagi-Nya". dibaca sebanyak tiga kali. [Hadits Riwayat Abu Daud nomor 870 dengan sanad shahih].


Atau bisa juga membaca bacaan saat sujud berikut ini :


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى

"SUBHANAKALLAHUMMA RABBANA WA BIHAMDIKA, ALLAHUMMAGHFIRLI"

Artinya: Maha Suci Engkau Ya Allah, Tuhan kami, pujian bagi-Mu, Ya Allah ampunilah aku. [Hadits Riwayat Bukhari nomor 817 dan Muslim nomor 484).


Bisa juga membaca bacaan saat sujud berikut ini :


سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ رَبُّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوحِ

"SUBBUHUN QUDDUUSUN RABBUL MALAA IKATI WARRUUH"

Artinya: Mahasuci, Maha Qudus (Zat yang terbebas dari segala kesalahan), Tuhan-nya para malaikat dan ruh (yaitu Jibril). [HR. Muslim no. 487].


Yang menjadi catatan penting dalam tema kita kali ini adalah sujud merupakan kondisi dimana seorang hamba sangat dekat dengan Allah Ta'ala, jadi perbanyaklah berdoa ketika sujud karena itu juga di perintahkan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi Wa Sallam kepada kita umatnya.

Audio Bacaan Saat Sujud Dalam Shalat

Disini kami juga memiliki audio bacaan sujud saat shalat yang merupakan bagian dari kumpulan doa dan dzikir harian dari syaikh Saad Al Ghamidi, silahkan teman teman putar atau download audionya.



Audio Bacaan Doa Saat Sujud : Download

Baik teman teman semuanya, sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini semoga kita bisa mengamalkan bacaan saat sujud diatas dan semoga kita bisa istiqomah dan khusu' dalam sholat kita baik yang wajib maupun yang sunnah, terimakasih.

0 Response to "Bacaan Saat Sujud Dan Posisinya Yang Benar"

Post a comment

Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron