...

Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud Dalam Shalat

Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud - Terdapat macam macam kalimat doa yang bisa di baca dalam duduk diantara dua sujud atau disebut duduk Iftirosy. dan dalam shalat terdapat dua jenis duduk yang disebut duduk iftirosy dan duduk tawarruk. Dan pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan bacaan doa duduk antara dua sujud kepada teman teman semua.

Duduk antara dua sujud dilakukan setelah kita selesai membaca bacaan doa sujud atau setelah kita bersujud dalam shalat. Namun sebelum kita mempelajari bacaannya terlebih dahulu kita pelajari posisi duduk antara dua sujud atau duduk iftirosy dan sebagai tambahan kita akan membahas juga tentang duduk tawarruk.

Duduk Iftirosy

Terlebih dahulu kita pelajari apa itu duduk iftirosy dan posisinya yang benar, duduk iftirosy merupakan salah satu gerakan gerakan yang di dalamnya terdapat salah satu dari sekian banyak bacaan bacaan sholat. Posisi Duduk ini dilakukan dengan memposisikan telapak kaki kanan berdiri dengan jari jemari di tekuk mengarah kiblat, kemudian telapak kaki kiri menjadi landasan untuk duduk. Dan lebih jelasnya silahkan teman teman lihat gambar berikut ini.


Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud Dalam Shalat


Duduk Tawaruk

Duduk Tawarruk merupakan duduk yang terakhir dalam shalat, duduk ini dilakukan ketika duduk membaca bacaan tahiyat akhir dalam shalat. Adapun posisinya yang benar adalah menegakkan telapak kaki kanan kemudian memasukan kaki kiri di bawah pergelangan kaki kanan yang tegak, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini.

Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud Dalam Shalat


Baik, setelah kita mempelajari duduk dalam shalat terutama duduk antara dua sujud (iftirosy), selanjutnya kita pelajari bacaannya dan berikut ini ulasan selengkapnya.

Macam Macam Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud



Beikut ini beberapa bacaan yang bisa teman teman hafalkan untuk dibaca ketika sedang duduk diantara dua sujud.

1. Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud ke-1


رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي.

RABBIGHFIRLI WARHAMNI, WAJBURNII, WARFA'NII, WARZUQNII, WAHDINI

Artinya : "Ya Tuhanku ampunilah diriku, rahmatilah diriku, cukupkanlah diriku, tinggikanlah derajat diriku, berilah rezeki serta petunjuk untuk diriku. (Hadits Riwayat Ahmad 1: 371. Syaikh Syu’aib Al Arnauth berkata bahwasannya derat hadits ini adalah hasan).


2. Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud Ke-2

Atau bisa juga membacan bacaan berikut ini.


رَبِّ اغْفِرْ لِي , رَبِّ اغْفِرْ لِي 

" RABBIGHFIRLI, 
RABBIGHFIRLI, "

Artinya : " Ya Rabbku Ampunilah Diriku, Ya Rabbku Ampunilah Diriku, " (Hadits Riwayat Abu Daud :1/231, Lihat Kitab Shahih Ibnu Majah : 1/148).


3. Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud ke-3

Boleh juga membaca doa berikut ini pada waktu duduk antara dua sujud

 اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَاهْدِنِي ، وَارْزُقْنِي

Allahummagfirlii, warhamnii’ wajburnii’, wahdinii, warjuqnii”.

Artinya : " Ya Allah ampunilah diriku, sayangilah diriku, tutupilah kekurangan diriku, anugrahkan kepadaku hidayah dan berikanlah rezki kepada diriku." (Hadits Riwayat At Tirmidzi : 284 dan dishahihkan oleh Imam Al-Albani dalam kitab Aslu Sifatish Sholatin Nabi : 807-810).


4. Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud ke-4

Teman teman semuanya boleh juga membaca doa berikut ini.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَاهْدِنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَعَافِنِي ، وَارْفَعْنِي

"ALLAHUMMAGHFIRLII WARHAMNII, WAJBURNII, WAHDINII, WARZUQNII, WA'AAFINII, WARFA'NII"

Artinya : "Ya Allah ampunilah diriku, sayangilah diriku, tutupilah kekurangan diriku, anugrahkan  petunjuk kepadaku, berikanlah rizki pada diriku, maafkanlah diriku dan angkatlah derajat diriku." (Lihat keseluruhan riwayat dalam kitab Aslu Sifati Sholatin Nabi : 809-814 yang ditulisn oleh Imam Muhammad Nashiruddin Al-Albani).

Itu tadi beberapa doa yang bisa teman teman baca dan hafalkan, kemudian berikut audio doa duduk antara dua sujud yang bisa teman teman download.

Catatan : "Masih Ada Beberapa Doa Lagi Yang Belum Kami Sebutkan Pada Postingan Ini"

Audio Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud

Audio ini berasal dari kumpulan doa doa sehari hari muslim dari syaikh Saad Al Ghamidi, berikut audionya.




Bacaan doa duduk antara dua sujud mp3 : Download

Baik, sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini semoga apa yang kita pelajari kali ini bisa menambah keilmuan kita guna mendekatkan diri kepada Allah Azza Wa Jalla. Dan semoga bisa menjadi manfaat untuk umat islam keseluruhan, terimakasih.

0 Response to "Bacaan Doa Duduk Antara Dua Sujud Dalam Shalat"

Post a comment

Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron