...

Nama Nama Malaikat Yang Wajib Diketahui Umat Islam

10 Nama Malaikat dalam islam beserta sifat dan tugasnya masing masing - Salah satu yang wajib diketahui dan diimani dalam islam dan oleh seorang muslim adalah tentang malaikat, karena mengimani akan kehadiran malaikat adalah salah satu dari rukun iman bagi setiap umat islam.

Adapun jumlah dari malaikat itu sangatlah banyak, namun hanya 10 saja yang wajib kita ketahui sebagai bentuk keimanan kita terhadap Allah Azza Wa Jalla yang ghaib. Dan mari kita mulai pembahasan tentang nama nama malaikat mulai dari pengertian, nama, tugas, dan juga sifat sifat yang dimiliki malaikat.

Nama Nama Malaikat Yang Wajib Diketahui Umat Islam


Apa Itu Malaikat ?

Malaikat adalah salah satu makhluk yang diciptakan Allah Azza Wa Jalla yang Maha Pencipta dari nur atau cahaya, adapun wujud dari malaikat itu seperti yang telah dijabarkan dalam QS. Al-Fatir : 1 yang didalamnya disebutkan bahwasannya para malaikat ada yang memiliki 2,3,4 sayap. Serta dalam beberapa hadits juga disebutkan bahwasannya malaikat ada yang memiliki 600 sayap seperti jibril, sedangkan malaikat israfil memiliki 1200 sayap, dan ada pula malaikat yang memiliki 2400 sayap, yakni para malaikat Hamalat al-'Arsy.

Berikut ini pembahasan selengkapnya, silahkan teman teman pelajari satu persatu dimulai dari urutan nama dari malaikat.

10 Nama Malaikat Beserta Sifat dan Tugasnya Masing Masing


Untuk pembahasan yang pertama mari kita hafalkan terlebih dahulu 10 nama malaikat yang wajib kita ketahui. Berikut nama namanya :

Nama Nama Malaikat
  1. Malaikat Jibril
  2. Malaikat Mikail
  3. Malaikat Israfil
  4. Malaikat Izrail
  5. Malaikat Munkar
  6. Malaikat Nakir
  7. Malaikat Raqib
  8. Malaikat Atid
  9. Malaikat Malik
  10. Malaikat Ridwan
Itu tadi 10 nama malaikat yang bisa teman teman hafalkan, kemudian kita pelajari tugas dari masing masing nama malaikat diatas, dan berikut pembahasan selengkapnya.

Tugas-Tugas Dari Malaikat

Berikut ini tugas tugas dari 10 nama malaikat diatas, mari kita mulai pelajari dari yang pertama samapai yang terakhir.


1. Malaikat Jibril

Nama malaikat yang pertama adalah malaikat Jibril atau sering disebut dengan Ar Ruh [Lihat QS. Al Qadr :3], adapun tugas dari malaikat jibril adalah menyampaikan wahyu dari Allah Azza Wa Jalla kepada para nabi dan rasul serta orang orang pilihan Allah Ta'ala. Seperti yang tercantum dalam Al Quran surat Maryam berikut ini.

"Dan tidak kami (jibril) turun, melainkan atas perintah dari Tuhanmu, Kepunyaan Allah apa yang ada dihadapan kita, dan apa yang dibelakng kita, serta apa-apa yang berada di antara keduanya dan tidaklah Dia (Allah) lupa". [QS. Maryam : 64]


2. Malaikat Mikail

Nama malaikat yang kedua adalah malaikat Mikail, adapun tugas dari malaikat mikail adalah sebagai malaikat yang bertugas membagikan rezeki kepada semua makhluk yang ada di bumi, adapun malaikat Mikail memiliki pembantu yang membantu mengatur urusan hujan, angin dan tanaman di bumi [ Lihat Penjelasan Ibnu Katsir dalam Kitab Al Bidayah wan Nihayah ].


3. Malaikat Israfil

Nama malaikat yang ketiga adalah malaikat Israfil, adapaun tugas dari malaikat israfil adalah meniup sangkakala, yakni sebuah terompet yang akan ditiupkan sebanyak 2 kali [ada juga sebagian ulama yang menjelaskan tentang tiupan sangkakala itu sebanyak 3 kali]. Dan berikut ini 2 tiupan sangkakala dari malaikat Israfil.
  • Tiupuan sangkakala yang pertama disebut juga dengan tiupan nafkhotul faza’ wa ash-sha’qi, artinya pada tiupan ini semua makhluk yang ada menjadi terkejut dan tiupan ini menyebabkan kematian untuk seluruh makhluk.
  • Tiupan sangkakala yang kedua disebut juga dengan nafkhotul ba’tsi wan nusyuur, artinya pada tiupan kedua ini merupkan tiupan yang menandakan dibangkitkannya seluruh makhluk setelah sebelumnya semua makhluk mati pada tiupan sangkakala yang pertama.

4. Malaikat Izrail

Nama malaikat yang keempat adalah malaikat Izrail, adapun tugas dari malaikat Izrail adalah sebagai  pencabut nyawa untuk seluruh makhluk, adapun malaikat izrail terbagi menjadi 2 golongan[Llihat QS. An-Naziat : 1-2] , dan berikut dua golongan malaikat pencabut nyawa tersebut.
  1. Pencabut nyawa seluruh makhluk yang jahat dengan cara yang keras.
  2. Pencabut nyawa seluruh makhluk yang baik dengan cara yang lembut.

5. Malaikat Munkar

Nama malaikat yang kelima adalah malaikat munkar, tugas dari malaikat Munkar adalah sebagai malaikat yang menanyakan sejumlah pertanyaan di alam barzah (alam kubur).


6. Malaikat Nakir

Nama malaikat yang keenam adalah malaikat Nakir, adapun tugas dari malaikat Nakir sama seperti malaikat Munkar yakni sebagai malaikat yang menanyakan sejumlah pertanyaan ketika di alam barzah (alam kubur).


7. Malaikat Raqib

Sebebarnya malaikat Raqib dan Atid hanyalah sifat para malaikat pengawas, raqib sendiri memiliki beberapa arti berdasarkan ahli tafsir Al Qurthubi, berikut artinya :
  1. Malaikat yang selalu mengikuti perkara-perkara manusia,
  2. Malaikat penjaga (berdasarkan pendapat As-Suddi)
  3. Malaikat Saksi/Syahid (berdasarkan pendapat dari Ad-Dhakak)

8. Malaikat Atid

Malaikat yang kesembilan sama penjelasannya seperti pada poin malaikat Raqib, kata Raqib dan Atid sendiri terdapat pada QS. Qaaf: 17-18. Sedangkan menurut para ahli tafsir Al Qurthubi, Atid memiliki arti sebagai berikut :
  1. Malaikat yang selalu ada dan tidak pernah hilang.
  2. Malaikat penjaga yang senantiasa bersiaga baik sebagai penjaga maupun sebagai saksi (Lihat Tafsir Al Qurthubi 11/17).

9. Malaikat Malik

Nama malaikat yang kesembilan adalah malaikat Malik, dimana tugas dari malaikat malik adalah sebagai pemimpin para malaikat zabaniyah yakni 19 malaikat yang menyiksa di dalam neraka, mereka itu malaikat yang bengis dan juga kasar [Lihat  QS. Al Muddatstsir : 27-30], dan juga tugas dari malaikat Malik adalah sebagai penjaga pintu neraka.

Para malaikat yang ada di dalam neraka telah dijelaskan dari Al Quran surat Ath-Tahrim, berikut ini artinya.

" Wahai orang-orang yang beriman, lindungilah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka yang bahan bakarnya dari manusia serta batu, penjaganya adalah para malaikat-malaikat yang kasar lagi keras, yang tiada pernah mendurhakait terhadap apa apa yang telah Allah perintahkan pada mereka dan mereka [malaikat] senantiasa mengerjakan apa-apa yang telah diperintahkan kepadanya". (QS Ath-Tahrim : 6).


10. Malaikat Ridwan

Nama malaikat yang ke sepuluh adalah malaikat Ridwan, adapun tugas dari malaikat Ridwan adalah melayani para ahli surga serta menjaga pintu-pintu surga. Adapun kenikmatan di dalam surga sudah banyak disebutkan dalam Al Quran dan juga banyak Hadits, seperti salah satu ayat Quran berikut, yang artinya.

" Dan kabarkanlah berita gembira pada orang orang yang beriman serta berbuat baik, bahwa untuk mereka telah disediakan baginya surga-surga yang didalmnya mengalir sungai-sungai. Setiap dari diri mereka diberi rezeki berupa buah-buahan yang ada didalam surga-surga, lalu mereka[para ahli surga] berkata "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu". Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan bagi mereka  ada istri-istri yang suci serta mereka kekal di dalamnya". (QS Al Baqarah ayat 25).

Itu tadi tugas tugas dari 10 nama malaikat yang perlu teman teman pelajari dan pahami, kemudian kita lanjut kepembahasan Sifat sifat para malaikat, berikut ini pembahasannya.

Sifat Sifat Malaikat


Adapun sifat sifat dari malaikat ada 9 berdasarkan Al Quran dan Hadits, dan berikut ini diantaranya.

  • Malaikat selalu bertasbih tak kenal waktu yakni siang dan malam mereka selalu bertasbih tanpa henti. [QS. Al Anbiya : 20]
  • Malaikat itu suci dari sifat sifat manusia dan juga jin, seperti contoh sifat lapar, haus, mengantuk, tidur, sakit dan sebagainya.
  • Malaikat memiliki sifat takut dan taat terhadap Allah Azza Wa Jalla. [QS. An-Nahl : 50 dan QS. Al Anbiya 26-28].
  • Malaikat tiada pernah bermaksiat dan selalu taat pada Allah. [QS. Ath-Tahrim : 6]
  • Malaikat itu pemalu.[HR. Muslim no 6362]
  • Malaikat terganggu dan tidak suka terhadap bau yang kurang sedap, terhadap patung dan juga anjing [Lihat Al-Bukhari, kitab Adzan hal 854, Muslim, kitab Al-Masajid hal 564]
  • Malaikat tidak lapar dan haus.[ QS. Ad-Dzariyat : 27-28]
  • Malaikat bisa merubah bentuk atau wujudnya.[QS. Maryam 16-17]
  • Malaikat mempunyai kekuatan dan juga kecepatan yang sangat luar biasa.[QS. Al-Haqah : 17 dan QS. Hud : 82].

Itu tadi sifat sifat dari para malaikat, kemudian ada beberapa tempat yang tidak disukai para malaikat. dan berikut diantaranya.

Tempat Tempat Yang Tidak Disukai Malaikat

Adapun beberapa tempat yang tidak disukai para malaikat adalah sebagai berikut :

  • Tempat yang ada anjing [selain anjing yang diperbolehkan untuk dipelihara seperti untuk penjagaan, berburu atau untuk pertanian]. (Lihat HR. Bukhari dengan seumpamanya dalam Adz-Dzba’ih dan Ash-Shaid no 5480-5482 serta HR. Muslim dalam Al-Musaqat No 1574).
  • Tempat-tempat yang didalamnya terdapat gambar atau patung [Lihat HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i dan Ibnu Majah]
  • Tempat yang mana terdapat seorang muslim sedang mengacungkan senjata kepada saudara muslim lainnya karena para malikat saat itu melaknat perbuatan tersebut. [HR. Muslim No. 2616].

Untuk teman teman yang ingin menghafal nama nama malaikat beserta tugasnya dalam bentuk audio, berikut ini kami telah menyediakannya untuk anda.

Audio Nama Nama Malaikat Beserta Tugasnya Masing Masing

Silahkan teman teman putar atau download audio berikut ini, dimana audio ini sangat cocok untuk diajarkan kepada anak anak supaya mereka cepat bisa menghafal dangan mudah. Dan berikut audionya.



10 Nama Nama Malaikat Versi Anak: Download




10 Nama Nama Malaikat Versi Dewasa : Download

Baik, sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini pada tema pembahasan nama nama malaikat. Semoga kita bisa mengambil ilmu yang bermanfaat dari apa yang di kita baca dan dengarkan dan semoga dengan mempelajari tema kita kali ini, teman teman bisa bertambah keimanannya. Bila ada kesalahan dalam penulisan silahkan beritahu kami melalui kolom komentar, terimakasih.

0 Response to "Nama Nama Malaikat Yang Wajib Diketahui Umat Islam"

Post a comment

Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron