...

4 Nama Kitab Suci Dan Nabi Penerimanya Serta Penjelasannya

4 Nama Kitab Suci Dan Nabi Penerimanya Serta Penjelasannya - Didalam islam telah disebutkan terdapat 4 kitab suci yang diterima para nabi dan rasul dan wajib untuk kita imani. Mengimani akan adanya kitab kitab Allah adalah salah satu dari rukun iman, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahasa secara lengkap dan berurutan mengenai 4 nama kitab suci beserta nabi dan rasul yang menerimanya.

4 Nama Kitab Suci Dan Nabi Penerimanya Serta Penjelasannya

Kitab suci merupakan wahyu yang diturunkan dari Allah Azza Wa Jalla sebagai pedoman atau petunjuk bagi umat umat nabi yang ada pada zaman tersebut dan sebagai sebuah mukzizat untuk para nabi dan rasul yang menerimanya, dan seiring dengan turunnya kitab kitab suci tersebut, Al Quran merupakan penyempurna dari seluruh kitab kitab suci yang ada pada zaman nabi dan rasul sebelumnya. Dan kesempurnaan Al Quran telah banyak di sebutkan dalam  ayat ayat didalam Al Quran itu sendiri serta banyak pula dalam hadits hadits shahih.

Kitab suci sendiri di turunkan oleh Allah Azza Wa Jalla kepada para nabi dan rasulnya melalui perantara, dan diantara nama nama malaikat yang jumlahnya sangat banyak, malaikat Jibril lah yang merupakan malaikat penyampai wahyu kepada para nabi dan rasul tersebut.

Dari beberapa nama nama nabi dan rasul, terdapat 4 kitab suci yang wajib kita ketahui sebagai seorang yang beriman, dan secara lebih lengkap berikut ini pembahasannya.

Nama Nama Kitab Suci Serta Nabi Dan Rasul Yang Menerimanya

Berikut ini daftar nama kitab suci yang diturunkan serta diberikan kepada para nabi dan rasulnya Allah Azza Wa Jalla untuk pedoman umat pada zaman nabi tersebut.

  1. Kitab Suci Taurat adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Musa 'Alaihi Sallam.
  2. Kitab Suci Zabur adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Daud 'Alaihi Sallam.
  3. Kitab Suci Injil adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Isa 'Alaihi Sallam.
  4. Kitab Suci Al-Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wa Sallam.

Dan berikut ini penjelasan atau sedikit pengetahuan tentang kitab kitab suci yang telah disebutkan diatas yang bisa teman teman pelajari untuk menambah keilmuan serta pengetahuan anda.

1. Kitab Suci Taurat


Nama kitab suci taurat disebut juga dengan Al Kitab, yakni kitab suci nya umat yaudi. Penamaan taurat/torah didasarkan pada bahasa ibrani "yarah" yang dapat diartikan membari pengajaran, menunjukan atau mengajarkan. 

Kitab suci taurat sendiri merupakan salah satu dari 3 unsur komponen, dan berikut 3 komponen tersebut.
  1. Thora
  2. Nabin
  3. Khetubin
Yang mana ketiga komponen tersebut dalam agama yahudi disebut dengan Biblia (Al-Kitab), dan oleh kaum nasrani disebut dengan perjanjian lama (old testament). Dan dalam kitab taurat terdapat sepuluh hukum yang mana isi dari 10 hukum tersebut berisikan azaz keyakinan serta azaz kebaktian, dan berikut ini 10 hukum tersebut :

  1. Hormati serta cintai Allah satu saja.
  2. Sebutlah nama Allah dengan hormat.
  3. Kuduskan hari Tuhan (hari ke-7 ataupun hari Sabtu).
  4. Hormati bunda bapakmu.
  5. Dilarang membunuh.
  6. Dilarang berbuat cabul.
  7. Dilarang mencuri.
  8. Dilarang berdusta.
  9. Dilarang ingin berbuat cabul.
  10. Dilarang ingin mempunyai barang orang lain dengan cara yang tidak baik.

Tapi seiring berkembangnya zaman, saat ini kitab taurat sudah dirubah isi nya oleh para manusia itu sendiri, sehingga Allah menurunkan kitab suci yang lain setelah taurat.


2. Kitab Suci Zabur

Kitab suci yang kedua yang diturunkan setelah Taurat yakni kitab suci Zabur, adapun arti dari Zabur dapatkita artikan sebagai menulis atau kitan yang tertulis, sedangkan dalam bahasa arab dikenal dengan sebutan Mazmur, yang merupakan bentuk jamak dari mazamir, sedangkan dalam bahasa ibrani disebut dengan mizmar yang bisa diartikan sebagai nyanyian nyanyian rohani yang suci. 

Didalam kitab suci Zabur terdapat pembahasan seputar nasehat, pujian terhadap Allah Ta'ala, doa dan dzikir,hikmah serta seruan dari Allah Ta'ala agar orang orang yahudi taat terhadap syariat yang saat itu diajarkan oleh Nabi Daud 'Alaihi Sallam. Didalam kitab suci Zabur sendiri ada 150 surat yang tidak mengandung hukum hukum melainkan berisi pujian, sanjungan kepada Allah Ta'ala, nasihat nasihat serta hikmah dan pujian.

Dan dapat ditarik kesimpulan bahwasannya nyanyian nyanyian yang terdapat dalam kitab zabur nabi Daud 'Alaihi Sallam ada 5 macam, dan berikut diantaranya :
  1. Nyanyian sanjungan guna memuji Tuhan (liturgi).
  2. Nyanyian dari perorangan yang menggambarkan ucapan syukur.
  3. Ratapan-ratapan dari para jamaah.
  4. Ratapan serta doa dari seseorang.
  5. Nyanyian yang ditujukan untuk raja.

3. Kitab Injil

Salah satu kitab suci yang dekat jaraknya dengan Al Quran adalah kitab suci Injil yang mana kitab suci satu ini diturunkan atau diwahyukan kepada Nabi Isa 'Alaihi Sallam guna menuntun kaum nabi Isa menjadi kaum yang taat pada Rabb nya.

Namun kitab suci injil sudah tercampuri urusan manusia, sehingga saat ini kitab suci injil menjadi tidak asli atau sudah diubah ubah sesuai dengan kehendak para manusia. Kitab suci injil merupakan kitab suci umat nasrani yang merupakan umat nabi Isa 'Alaihi Sallam kala itu.

Seperti yang tercantum dalam Al Quran, kitab injil adalah kitab suci yang mengajarkan ketauhidan atas ke Esan Allah Ta'ala. dan penjelasan mengenai hal tersebut bisa teman teman baca pada QS. Al-Hadid : 27.

Kitab Injil sudah banyak mengalami revisi dan semuanya disesuaikan dengan nama orang orang yang menuliskannya seperti matius, markus, lukas,dan yohana (yahya). Dan mereka yang menuliskannya adalah orang orang yang jauh dari masa kehidupan Nabi Isa 'Alaihi Sallam. Dan dalam catatan sejarah juga terdapat catatan bahwasannya terdapat kitab Injil dalam versi Barnaba, dan isi dari Injil Barnaba ini sangat jauh berbeda dengan keempat versi kitab Injil yang ditulis orang orang yang sudah disebutkan diatas.


4. Kitab Suci Al Quran

Dan kitab suci yang terakhir dan menjadi penyempurna dari kitab kitab suci sebelumnya adalah Kitab Suci Al Quran. Yang mana keaslian serta kesucian Al Quran akan terjamin sampai akhir zaman, dan Al Quran merupakan kitab suci yang mendapatkan penjagaan langsung dari Allah Ta'ala, jadi sangat mustahil jika Al Quran akan menjadi kitab suci yang di versikan.

Kitab Suci Al Quran merupakan kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wa Sallam dan menjadi salah satu mukzizat dari Rosulullah Shallallahu'alaihi Wa Sallam. Al Quran sendiri merupakan kitab suci yang menjadi rahmat untuk seluruh alam, karena dalam Al Quran mencakup semua kitab suci sebelumnya dan disempurnakan menjadi satu.

Al Quran merupakan kitab suci yang didalamnya tidak ada keragu raguan serta tidak ada kedustaan. Isi dari Al Quran mencakup beberapa hal, seperti :
  1. Peringatan akan siksa orang orang yang tidak patuh terhadap Allah.
  2. Kabar gembira untuk orang orang yang taat terhadap Allah Ta'ala.
  3. Cerita tentang orang orang terdahulu yang mendapat siksa dan yang mendapat kebahagian.
  4. Perintah untuk bertauhid mengesakan Allah Azza Wa Jalla.
  5. Larangan menyekutukan Allah Ta'ala dan masih banyak lagi yang lainnya.
Al Quran sendiri memiliki jumlah 114 surat yang terbagi kedalam 30 juz, menurut para ulama bahwasannya proses turunnya Al Quran terjadi selama 23 tahun masa kenabian Muhammad Shallallahu'alaihi Wa Sallam. Dengan rincian 12 tahun di kota Mekkah dan surat yang turun di kota ini bisa disebut dengan surat surat Makkiyah. dan proses turunnya Al Quran yang 11 tahun terjadi di kota Madinah dan surat yang turun di kita ini disebut dengan surat surat Madaniyah.

Dan siapa saja yang menjadikan Al Quran dan Sunnah sebagai pedoman hidup maka orang tersebut akan selamat di dunia dan juga akan selamat di akhirat, bagitu pula sebaliknya jika seseorang lalai dan jauh dari Al Quran dan Sunnah maka hidupnya akan kehilangan arah serta tersesat yang menyebabkan orang tersebut akan mendapatkan ancaman siksa dari Allah Ta'ala.

Demikian tadi teman teman semuanya, pembahasan kita kali ini pada tema " 4 Nama Kitab Suci Dan Nabi Penerimanya Serta Penjelasannya " semoga kita bisa mengambil ilmu yang bermanfaat dari apa yang telah kita baca. Dan semoga kita bisa selalu dekat dengan Al Quran yang merupakan kitab suci yang sempurna dan tidak ada keragu raguan didalamnya.

0 Response to "4 Nama Kitab Suci Dan Nabi Penerimanya Serta Penjelasannya"

Post a comment

Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron