...

25 Nama Nama Nabi Dan Rasul Beserta Sifat Dan Kitabnya

25 Nama Nama Nabi Dan Rasul Beserta Sifat Dan Kitabnya - secara berurutan berikut nama nama 25 nabi dan rasul Allah yang harus diketahui muslimin dan muslimah. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara keseluruhan mulai dari pengertian nabi dan rasul, sifat sifat sifat nabi dan rasul, kitab kitab para nabi dan rasul serta urutan nama nama nabi dan rasul dari mulai nabi Adam Alahissalam samapai Rosulullah Muhammad Shallallahu'alaihi Wa Sallam.

25 Nama Nama Nabi Dan Rasul Beserta Sifat Dan Kitabnya


Pengertian Nabi Dan Rasul

Secara bahasa nabi dan rosul dapat kita artikan sebagai berikut :

  • Nabi adalah seorang laki-laki (pria) yang menjadi pilihan Allah Azza Wa Jalla dan diberikan wahyu, namun tidak memiliki kewajiban menyebarluaskan wahyu tersebut.
  • Rasul adalah seorang laki laki (pria) yang menjadi pilihan Allah Azza Wa Jalla dan mendapatkan wahyu dan wajib untuk menyampaikannya kepada umat manusia.
Dari pengertian diatas sudah dapat kita pahami perbedaan antara nabi dan rasul, seorang nabi belum tentu rasul namun kalau rasul sudah pasti seorang nabi. Kemudian kita lanjutkan ke pembahasan sifat sifat nabi.

Sifat Sifat Nabi Dan Rasul

Adapun sifat sifat dari seorang nabi dan rasul ada 4, dan kesemuanya adalah sifat sifat yang mulia dan merupakan sifat yang harus menjadi teladan setiap manusia. Dan berikut ini diantaranya.

1. Shiddiq (Benar)

Secara bahasa shiddiq memiliki arti benar, setiap nabi dan rasul berkata adalah berasal dari wahyu, dasar dari perkataan tersebut adalah dari Al Quran Surat An Najm ayat 4, berikut ini bunyinya.

"Ucapannya itu tidak lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (padanya)".(QS. An Najm : 4)

2. Amanah (Terpercaya)

Secara bahasa sifat nabi dan rasul ini berarti dapat dipercaya, seorang nabi merupakan utusan Allah Azza Wa Jalla yang dapat dipercaya serta terhindar dari sifat khianat. berikut ini dasar dalilnya.

"Aku menyampaikan amanah-amanah dari Tuhanku padamu dan aku hanyalah pemberi nasehat yang terpercaya untukmu". [QS. Al-A'raf : 68].

3. Tabligh (Menyampaikan)

Secara bahasa tabligh berarti menyampaikan, seorang nabi dan rasul merupakan makhluk yang dipilih oleh Allah Ta'ala yang memiliki asmaul husna untuk menyampaikan risalah kebenaran kepada umat manusia. Dasar dalilnya masih sama seperti pada poin ke 2 yakni QS Al A'raf : 68.


"Aku menyampaikan amanah-amanah dari Tuhanku padamu dan aku hanyalah pemberi nasehat yang terpercaya untukmu". [QS. Al-A'raf : 68].

4. Fathonah (Pandai)

Secara bahasa sifat fathonah berarti pandai atau cerdas, setiap nabi dan rasul pastilah seorang yang pandai dan sangatlah tidak mungkin jika seorang nabi dan rasul adalah orang yang bodoh. ini tersirat ketika Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wa Sallam menerima wahyu pertamanya ketika menyendiri di gua hira, beliau saat itu tidak bisa membaca dan menulis namun dengan seizin Allah Ta'ala dengan seketika Rosulullah Shallallahu'alaihi Wa Salla bisa membaca dan menulis.

Itu tadi 4 sifat nabi yang wajib diketahui, kemudian ada 4 sifat nabi yang mustahil dimiliki. Dan berikut diantaranya.

Sifat Mustahil Bagi Nabi Dan Rasul

1. Kizib (Pembohong)

Lawan dari sifat nabi yang siddiq adalah kizib, kizib bisa diartikan sebagai pembohong atau berdusta. Seorang nabi dan rasul pasti tidak mungkin memiliki sifat yang satu ini.

2. Khianat (Tidak Bisa Dipercaya)

Sifat mustahil bagi seorang nabi dan rasul yang kedua adalah khianat, sifat ini tidak mungkin dimiliki oleh seorang nabi dan rasul.

3. Kitman (Menyembunyikan)

Sifat yang ketiga adalah kitman yang berarti menyembunyikan, seorang nabi dan rasul tidak mungkin memiliki sifat ini.

4. Baladah (Bodoh)

Sifat mustahil yang terakhir bagi seorang nabi dan rasul adalah baladah, seorang nabi dan rasul sejatinya adalah makhluk Allah Ta'ala yang cerdas ataau pandai.

Pengertian Sifat Jaiz Nabi Dan Rasul

Dan perlu sedikit teman teman ketahui, salah satu sifat nabi yang umum dimiliki oleh semua manusia yakni sifat jaiz yang artinya sifat sifat sebagaimana umumnya manusia seperti lapar, lelah, tidur, lupa dan sebagainya.

Dan berikut ini urutan nabi dan rasul yang wajib kita imani sebagai bentuk perwujudan keimanan kita kepada Allah Ta'ala. karena mengimani nabi dan rasul adalah bagian dari rukun iman.

25 Nama Nabi Dan Rasul Secara Berurutan


Silahkan teman teman pelajari dan hafalkan daftar nama nama nabi dan rasul yang berjumlah 25 di bawah ini. Dan berikut ini daftar nomor urutnya.

No Nama Gelar
1 Adam Alaihi Salam
2 Idris Alaihi Salam
3 Nuh Alaihi Salam
4 Hud Alaihi Salam
5 Sholeh Alaihi Salam
6 Ibrahim Alaihi Salam
7 Luth Alaihi Salam
8 Ismail Alaihi Salam
9 Ishaq Alaihi Salam
10 Ya'kub Alaihi Salam
11 Yusuf Alaihi Salam
12 Ayub Alaihi Salam
13 Suaeb Alaihi Salam
14 Musa Alaihi Salam
15 Harun Alaihi Salam
16 Zulkifli Alaihi Salam
17 Daud Alaihi Salam
18 Sulaiman Alaihi Salam
19 Ilyas Alaihi Salam
20 Ilyasa Alaihi Salam
21 Yunus Alaihi Salam
22 Zakariya Alaihi Salam
23 Yahya Alaihi Salam
24 Isa Alaihi Salam
25 Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam

Dan berikut ini beberapa gelar serta kitab suci yang dimiliki oleh sebagian nabi dan rasul yang perlu untuk kita pelajari juga.

Rasul Yang Diberikan Kitab Suci

Terdapat 4 nabi dan rasul yang mendapatkan kitab suci yang wajib kita imani dan kita ketahui, dan berikut keempat nabi dan rasul tersebut :

  • Nabi Musa 'Alaihi Sallam diberikan kitab suci Taurat.
  • Nabi Daud 'Alaihi Sallam diberikan kitab suci Zabur.
  • Nabi Isa 'Alaihi Sallam diberikan kitab suci Injil.
  • Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wa Sallam diberikan kitab suci Al Quran.

Kemudian terdapat nabi dan rasul yang dijuluki Ulul Azmi, apa itu ? berikut pembahasannya.

Nabi Dan Rasul Yang Memiliki Gelar Sebagai Ulul Azmi

Ulul Azmi dapat diartikan sebagai gelar yang diberikan untuk para nabi dan rasul dengan tinggak kesabaran serta ketabahan yang sangat luar biasa, dan berikut nabi dan rasul yang mendapatkan gelar Ulul Azmi tersebut.

  • Nabi Adam 'Alaihi Sallam
  • Nabi Nuh  'Alaihi Sallam
  • Nabi Ibrahim  'Alaihi Sallam
  • Nabi Isa  'Alaihi Sallam
  • Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wa Sallam.

itu tadi 25 nama nama nabi dan rasul yang bisa teman teman hafalkan beserta gelar serta kitab suci yang di berikan untuknya, kemudian untuk teman teman yang ingin mempelajari atau menghafal nama nama nabi melalui audio, berikut ini audio yang bisa anda download.

Audio Nama Nama Nabi Dan Rasul


Silahkan teman teman putar audio nama nama nabi dan rasul mana yang cocok untuk anda. Audio ini sangat cocok digunakan untuk  mengajarkan anak supaya cepat hafal nama nama nabi, dan rasul Allah Azza Wa Jalla, dan berikut ini audionya.



Audio 25 Nama Nabi Dan Rasul Versi Anak Anak : Download




Audio 25 Nama Nabi Dan Rasul Versi Anak Anak 2 : Download


Baik, sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini, semoga apa yang kami bagikan bisa menambah keilmuan kita didalam beragama, dan semoga ilmu yang kita dapatkan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat yang membawa kita dalam keridhoan Allah Jalla Jallaluh, terimakasih.

0 Response to "25 Nama Nama Nabi Dan Rasul Beserta Sifat Dan Kitabnya"

Post a comment

Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron