...

Doa Sujud Tilawah Lengkap Arab, Latin, Arti, Audio

Doa Sujud Tilawah Lengkap Arab, Latin, Arti, Audio - Apa yang harus di baca saat ada ayat sajdah ? mungkin pertanyaan semacam ini sudah tidak berlaku lagi nantinya setelah teman teman mempelajari bacaan doa saat sujud tilawah di dataislami.com.

Doa Sujud Tilawah Lengkap Arab, Latin, Arti, Audio

Apa itu sujud tilawah ? sujud tilawah adalah salah satu sujud yang dilakukan apabila kita membaca ayat sajdah atau saat kita mendengar seseorang membaca ayat sajdah lalu dia [yang membaca] sujud kita yang mendengarkannya pun juga ikut sujud. Lalu bagaimana tata cara sujud tilawah ? berikut ini penjelasannya yang bisa teman teman pelajari secara lengkap dan jelas.

Tata Cara Dan Bacaan Doa Sujud Tilawah





  • Pertama
  • Dalam hal ini para ulama sepakat bahwasannya sujud tilawah cukup dilakukan satu kali saja.

    • Kedua
    Cara dan bentuk sujud tilawah sama seperti sujud saat kita sholat.

    • Ketiga
    Tidak di anjurkan untuk takbirotul ikhrom maupun salam setelah sujud tilawah, jadi hanya sujud kemudian kembali lagi seperti biasa tanpa salam.

    • Keempat
    Saat akan sujud tilawah di syariatkan untuk bertakbir, begitu pula saat bangun dari sujud di anjurkan untuk bertakbir juga. Ini berdasarkan bunyi keumuman hadits dari Wa'il bin Hujr yang artinya.

    Artinya : " Rosullulloh shallallahu ‘alaihi wa sallam terbiasa mengangkat kedua tangannya saat bertakbir. Beliau juga bertakbir saat sujud dan saat bangkit dari sujud." (HR. Ahmad, Ad Darimi, Ath Thoyalisiy. Hasan)

    • Kelima
    Sujud tilawah lebih utama kalau dilakukan dengan berdiri sebelum sujud walaupun diluar sholat, salah satu pendapat para ulama Syafi’iyah yang kuat, dan pendapat syaikhul islam ibnu taimiyah yang berbunyi.

    إِذَا يُتْلَى عَلَيْهِمْ يَخِرُّونَ لِلأَذْقَانِ سُجَّداً


    Artinya : " Sungguh orang yang diberikan ilmu pengetahuan sebelumnya apabila dia sedang mendengarkan Al Qur’an yang dibacakan pada mereka, mereka akan menyungkur-kan muka mereka sambil bersujud." (QS. Al Isro’: 107). Kata mereka, yang dimaksud yakhirru (menyungkur) adalah dimulai dari keadaan berdiri.
    Lalu bagaimana jika sujud tilawah dilakukan dengan duduk atau dimulai dari posisi duduk ? jawabnya adalah tidak apa apa. Ini di sandarkan pada pernyataan imam as syafi'i dan para muridnya yang mengatakan bahwasanny tidak ada dalil yang mengisyaratkan sujud tilawah dimulai dari kaeadaan berdiri. Mereka berkata bahwasannya lebih baik untuk meninggalkannya ( Shahih fiqih sunnah. 1/449)


    • Keenam
    Disyariatkan untuk bersuci ketika hendak melakukan sujud tilawah, ini berdasarkan pendapat mayoritas ulama. Namun al imam ibnu taimiyah dan ibnu hazm tidak mengatakan disyariatkan bersuci ketika hendak sujud tilawah karena beliau menganggap sujud tilawah bukanlan sujud sholat namun sujud tilawah adalah suatu ibadah yang berdiri sendiri karena sebab.


    Dalil yang menguatkan kedua syaikhul islam di atas adalah sebuah hadist yang diriwayatkan imam bukhori berikut ini


    أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ سَجَدَ بِالنَّجْمِ وَسَجَدَ مَعَهُ المُسْلِمُوْنَ وَالمُشْرِكُوْنَ وَالجِنُّ وَالأِنْسُ


    Artinya : Rosullulloh shallallahu 'alaihi wa sallam pernah sujud tilawah saat membaca surat An Najm, kemudian kaum muslimin, orang-orang musyrik, jin dan manusia pun ikut sujud.(HR. Bukhari)
    Penjelasan hadist riwayat diatas sudah sangat jelas bahwasannya tidak di anjurkan berwudhu sebelum sujud tilawah. Penjelasannya sebagai berikut. Imam Al-Bukhari membawakan hadist riwayat tersebut pada Bab " Umat islam melakukan sujud bersama kaum musyrikin, padahal orang orang musyrik itu najis dan tidak punya wudhu." Jadi, menurut pendapat imam al bukhari berdasarkan riwayat tersebut bahwa sujud tilawah tidak harus ada syarat wudhu.


    • Ketujuh
     Dalam tata caranya, sujud tilawah hendaknya di lakukan dengan menghadap kiblat. Ini adalah pendapat mayoritas ulama walaupun tidak mengapa untuk sujud tilawah menghadap ke arah lain namun tetap diusahakan menghadap kiblat karena ini yang utama. Diperbolehkan tidak menghadap ke arah kiblat apabila dalam keadaan ada udzur yang menghalanginya. (untuk lebih jelas lihat shahih Fiqih Sunnah, 1/450)

    Seteleh kita mengetahui dengan jelas tata cara sujud tilawah di atas, kemudian kita akan membahas bacaan doa sujud tilawah tersebut. Berikut ini lafadznya.

    >> Bacaan Doa Sujud Tilawah Yang Benar

    Ada beberapa bacaan yang bisa kita baca saat kita sedang sujud tilawah, berikut ini diantara doa doa sujud tilawah tersebut. Teman teman bisa pilih salah satu doa untuk di baca.

    • Doa Sujud Tilawah Pertama

    سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

    " SUBHAANA ROBIYAL A'LA "

    Artinya : " Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi" HR. Muslim no. 772


    • Doa Sujud Tilawah Kedua
    سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى

    " SUBHAANAKALLAHUMMA RABBANAA WABI HAMDIKA ALLAHUMMAGHFIRLY "

    Artinya : " Maha Suci Allah, Rabb kami, dengan segala pujian kepada-Mu, ampunilah segala dosa-dosaku."(HR. Bukhari no. 817 dan Muslim no. 484)


    • Sujud Tilawah Ketiga

    اللَّهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَلَكَ أَسْلَمْتُ سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

    Artinya : Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku bersujud, dan karena-Mu aku beriman, dan kepada-Mu aku berserah diri. Wajahku bersujud kepada sang Penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta (HR. Muslim no. 771)


    >> Khilafiah Masalah Doa Sujud Tilawah


    Adapun doa sujud tilawah yang masih terdapat khilafiah masalah ke shohihannya di kalangan para ulama dan terdapat di buku buku doa dan dzikir yang sudah tersebar luas adalah sebagai berikut.


    • Doa Pertama



    سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

    " SAJADA WAJHIYA LILADHI GHOLAKOHU WASAUWAROHU WA SAQO SAM'AHU WA BASOROHU, TABAROKALLAHU AHSANUL KHOLIKIN "

    Artinya : " Wajahku bersujud pada sang Penciptanya, yang Membentuknya [wajah], yang Membentuk pendengaran [telinga] dan juga penglihatannya[mata]. Maha Suci Allah Sebaik-baik yang Pencipta. " (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan An Nasa-i)


    • Doa Kedua
    اللَّهُمَّ اكْتُبْ لِى بِهَا عِنْدَكَ أَجْرًا وَضَعْ عَنِّى بِهَا وِزْرًا وَاجْعَلْهَا لِى عِنْدَكَ ذُخْرًا وَتَقَبَّلْهَا مِنِّى كَمَا تَقَبَّلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ

    " ALLAHUMMAKTUB LIIBIHAA INGDAKA AJRON, WA DHO' 'ANNIY BIHAA WIZRON, WAJ'ALHA LII 'INGDIKA DZUKRON, WA TAQQOBBALHAA MINNI KAMAA TAQOBBAL TAHAA MIN 'ABDIKA DAWUDA ." ( Hadist riwayat tirmidzi dan ibnu majah.)

    Kedua doa sujud tilawah diatas masih terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang ke shahihannya.

    > Audio Doa Sujud Tilawah

    Untuk teman teman yang ingin mendengarkan audio doa sujud tilawah, berikut ini media pemutar suara yang bisa antum perdengarkan dengan menekan tombol play.



    Untuk mendownload audio diatas silahkan klik disini !!

    Baik teman teman semuanya, sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini pada tema pembahasan kali ini, semoga apa yang kami bagikan bisa bermanfaat dan membantu teman teman muslim semuanya. Terimakasih.

    > Video Sujud Tilawah


    0 Response to "Doa Sujud Tilawah Lengkap Arab, Latin, Arti, Audio"

    Post a Comment

    Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron