...

Bacaan Doa Sebelum Makan Dan Minum Yang Benar

Dataislami.com - Bacaan Doa Sebelum Makan Dan Minum Yang Benar | Didalam islam kita di ajarkan berdoa sebelum makan dan minum agar makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak ikut di makan oleh setan. Nah, doa ini bisa di ajarkan kepada anak anak yang sedang menghafal doa doa muslim.

Bacaan Doa Sebelum Makan Dan Minum Yang Benar

Doa sebelum makan dan minum ini miliki dasar hadist yang kuat, sering kita dapatkan bacaan doa makan dan minum yang tidak sesuai sunnah di buku buku islami dan juga blog blog islam. Pada pembahasan doa kali ini kami akan memberikan lafadz hadistnya agar kita bisa lebih yakin dan mantap terhadap doa islam yang benar dan sesuai sunnah.

Di zaman modern seperti sekarang ini di mana kita bisa akses apapun dengan smartphone atau laptop dengan mudah, seperti doa yang kita bahas kali ini semoga bisa menjadi referensi terbaik untuk teman teman semuanya.

Doa Mau Makan Dan Minum


Hadist yang pertama yang membahas tentang bacaan doa sebelum makan dan minum adalah dari umar bin abi salamah berkata, " saat aku kecil dan dibawah asuhan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, tanganku bersileweran [lalu lalang] di nampan saat makan. Lalu Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ . فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِى بَعْدُ

Artinya : " Hai Ghulam, sebutkan lah nama Allah [yang dimaksud adalah bacalah "BISMILLAH"], makanlah dengan menggunakan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di dekat dihadapanmu." Lalu seperti itu gaya makanku setelahnya. (Hadist Riwayat. Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)
Jadi hadist di atas sudah sangat jelas bahwasannya ketika mau makan kita hanya membaca tasmiyah atau bismillah, dan berikut ini bacaan arab doa mau makan lengkap arab, latin dan artinya.

بِسْمِ اللَّه
" BISMILLAH "


Artinya : " Dengan Menyebut Nama Allah "
Adapun doa makan dan minum yang sering kita kita dengar dan hafalkan sewaktu masih kecil seperti.


Doa Makan Dan Minum Umum

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"ALLAHUMMA BAARIKNLANA FIMAA ROZAKTANA WAKINA ADZA BANNAR  "

Waullah hua'lam kami belum tahu dasar dalilnya, maka alangkah lebih baiknya jika kita mengamalkan doa mau makan dan minum yang pertama yaitu dengan membaca "tasmiyah" saja.

Untuk teman teman yang ingin memiliki audio doa mau makan dan minum dan juga doa setelah makna dan minum sebagai koleksi di smartphone atau laptop anda, berikut ini audio yang bisa anda download

Audio Doa Makan Dan Minum [Sebelum Dan Sesudah]



> Untuk mendownload audio di atas silahkan kunjungi halaman download audio doa mau makan/minum dan sesudah makan/minum.

Baik teman teman semuanya sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini semoga apa yang kami bagikan bia di amalkan dan bisa membantu teman teman muslim semuanya, terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "Bacaan Doa Sebelum Makan Dan Minum Yang Benar"

Post a comment

Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron