...

Apa Itu Istinsyaq Dalam Wudhu

Apa Itu Istinsyaq Dalam Wudhu - Pengertian dari istinsyaq sendiri adalah memasukan sebagian air kedalam hidung lalu di hirup sampai masuk kedalam lalu mengeluarkannya, adapun air yang di gunakan adalah air yang disisakan di telapak tangan setelah sebagian air di gunakan untuk berkumur.

Apa Itu Istinsyaq Dalam Wudhu


Adapun hukum dari istinsyaq atau memasukan air kedalam lubang hidung saat berwudu adalah sunnah, dan harus di tinggalkan saat kita sedang berpuasa. Banyak manfaat dari segi kesehatan dan juga pahala yang di peroleh dengan memasukan air kedalam hidung saat wudhu, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita peroleh bila melakukan sunnah yang satu ini.

Manfaat Memasukan Air Kedalam Hidung

  • Mengusir Setan/Jin Yang Ada Di Dalam Hidung
Hal ini berdasarkan hadist yang di riwayatkan oleh bukhori dan muslim, berikut ini bunyi hadist tersebut.
Artinya : Kalau seseorang di antara kalian bangun tidur, hendaknya ia istintsar (mengeluarkan air dari lubang hidungnya setelah melakukan istinsyaq (menghirup air ke dalam lubang hidung) sebanyak tiga kali. Karena setan/jin ada di rongga hidungnya,” (Muttafaqun Alaih atau HR. Bukhari Muslim)

  • Menghapus Dosa Kecil
Untuk dosa besar hanya bisa diampuni dengan taubat nasuha (dengan sungguh sungguh), berikut ini arti hadist yang menjelaskan bahwasannya istinsyaq dapat menggugurkan dosa kecil.

Artinya : Dari Abu Ummamah bahwasannya Nabi Bersabda " Siapa yang berdiri lalu menuju air wudhunya dengan niatan melaksanakan shalat, lalu kemudian dia membasuh kedua telapak tangannya, maka turun (berguguran)lah dosa-dosanya dari kedua telapak tangannya bersamaan dengan tetesan air wudhu. Dan apabila dia berkumur-kumur, beristinsyaq dan istintsar (menghirup dan mengeluarkan air dari hidung saat wudhu) maka keluar(berguguran)lah dosanya dari lisan dan bibirnya bersamaan dengan awalnya tetesan air dari wudhunya trersebut, dan seterusnya,” (HR. Ahmad: V/ 263. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: shahih).
 Beberapa penjelasan diatas menunjukan keutamaan keutamaan istinsyaq dalam berwudhu, kemudian dari sisi kesehatan juga ada penjelasannya, berikut ini pemaparannya.

Keutamaan Istinsyaq Dalam Kesehatan


  • Membersihkan Virus Di Dalam Hidung
Para ahli THT di Universitas Alexandria mengatakan bahwasannya memasukan air kedalam hidung lalu mengeluarkannya dapat membersihkan kuman kuman dan juga virus yang ada di dalam hidung tersebut dan mengurangi resiko terkena infeksi saluran pernafasan dan juga flu.

Dalam penrnyataan nya Prof Dr. Syahathah menuturkan ada 11 penyakit berbahaya yang bisa di cegah dengan melakukan istinsyaq ini seperti penyakit paru paru, radang hisung dll yang bersumber dari hidung atau pernafasan.

Jadi sebagai umat muslim kita harusnya bersyukur bahwasannya dalam syariat islam pasti terkandung banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan oleh manusia itu sendiri. Baik teman teman semunya sampai disini dulu perjumpaan kita semoga apa yang kami bagikan bisa bermanfaat dan membantu.

0 Response to "Apa Itu Istinsyaq Dalam Wudhu"

Post a comment

Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron