...

Amalan Pembuka Pintu Rezeki Yang Banyak Dalam Islam

Dataislami.com - Amalan Pembuka Rezeki Yang Banyak Dalam Islam | Apakah ada amalan atau perbuatan serta doa sebagai pembuka pintu rezeki sesuai al quran dan sunnah ?, mungkin terlintas di benak teman teman dataislami.com akan hal tersebut. Memang di dalam islam sudah diberikan petunjuk yang tidak ada keragu raguan di dalam nya yakni Al quran dan sebaik kata kata yang bisa di pastikan kebenaran nya yaitu al hadist atau sunnah nabi muhammad shallallahu'alaihi wasallam.

Amalan Pembuka Pintu Rezeki Yang Banyak Dalam Islam
dataislami.com : Amalan Pembuka Pintu Rezeki Yang Banyak Dalam Islam

Pada kesempatan yang baik ini, dataislami akan mencoba membagikan ilmu yang terpendam di dalam luasnnya keilmuan islam kepada teman teman semua, dan pada tema kita kali ini kita akan membahas tentang amalan pembuka kunci pembuka rezeki berdasarkan al quran dan sunnah.

Lalu apa saja yang bisa kita amalkan atau kerjakan untuk membuka rezeki yang telah Allah Azza Wa Jalla sediakan untuk hambanya, coba antum praktikan dan istiqomah dalam pengamalan amalan berikut.

Kunci Pembuka Rezeki Sesuai Al Quran Dan Sunnah

  • Perbanyak Istighfar
Seperti yang terdapat dalam surat an-nuh ayat 10-12 berikut ini :

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا  (12

" FAQULTUS TAGHFIRUU ROBBUKUM INNAHU KAANA GHOFAA RA (10), YURSILISSAMAA A 'ALAIKUM MID RAA RA (11), WAYUMDIDKUM  BIAMWAALIN WABANINA WAYAJALAKUM JANNATIN WAYAJAL LAKUM ANHAARA (12) "


Artinya : Maka aku berkata pada mereka: ‘Mintalah ampun pada Tuhanmu, sesungguhnya Dia (Allah) adalah zat yang Maha Pengampun, niscaya Dia (Allah) akan mengirimkan hujan untukmu dengan deras, dan membanyakkan (membuat banyak) harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai."
Dan dari sebuah atsar Hasan Al Bashri yang menjelaskan bagaimana keutamaan istighfar yang sangat luar biasa.

أَنَّ رَجُلًا شَكَى إِلَيْهِ الْجَدْب فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، وَشَكَى إِلَيْهِ آخَر الْفَقْر فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، وَشَكَى إِلَيْهِ آخَر جَفَاف بُسْتَانه فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، وَشَكَى إِلَيْهِ آخَر عَدَم الْوَلَد فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، ثُمَّ تَلَا عَلَيْهِمْ هَذِهِ الْآيَة

Artinya :  sungguh, seseorang pernah mengadu pada Hasan (hasan al basri) tentang musim paceklik (musim seret rezeki) yang terjadi. Lalu Al-Hasan basri memberikan nasehat, “ Beristigfarlah (mohon ampunlah) kepada Allah”.
Lalu kemudian al hasan basri memabacakan 3 ayat al quran surat an nuh 10-12 di atas tadi (Riwayat ini disebutkan Al-Hafidz Ibnu Hajar pada kitab fath Al-Bari(fatul bari), 11: 98)


  • Mengeratkan tali silaturahmi (silaturahim)
Dalam bahasa arab, sila itu berarti menjalin/mengaitkan sedangkan rahmi atau rahim itu adalah kandungan atau rahim seorang perempuan, jadi dapat di artikan silaturahmi/silaturahim itu adalah menjalin hubungan dengan orang yang masih ada hubungan rahim dengan kita, seperti silsilah/keturunan keluarga kita.


Dari Abu Hurairah R.A, RasulUullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya : Barang siapa yang suka/senang apabila dilapangkan (diluaskan) rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah ia menyambungkan tali silaturahim ".
Hadits riwayat : Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557

" Dan berkata Imam Nawawi maksud dilapangkan rezekinya adalah diluaskan/diperbanyak rizkinya. Juga bisa bermaksud Allah berkahi rezekinya." (Lihat syarh Shahih Muslim, 16: 104)


  • Bersedekah dengan ikhlas
Dalam ayat al quran surat saba ayat ke 39 Allah Azza Wa Jalla Berfirman :


قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

" QUL INNA ROBBI YABSUTHURRIZQO LIMAN YASYAA UMIN 'IBADIHI WAYAQDIRU LIHU WAMINA ANGFAQTUM MIN SYAIIN FAHUWA YUKHLIFUHU WAHUWA GHOIRURROZIQIN "


Artinya : Katakanlah: “Sungguh tuhanku telah melapangkan rezeki bagi siapa saja yang Ia-kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan pula bagi siapa yang Ia-kehendaki. Dan apa saja yang kamu sedekahkan maka Allah akan menggantinya, dan Dia-lah (Allah) sebaik-baiknya pemberi rezeki ".
Dan dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

" MAA NAQOSOT SODAQOTUN MIN MAALINN "


Artinya : " Sedekah itu tidak akan mengurangi harta benda." Hadist riwayat Muslim, no. 2588
Arti atau makna hadist di atas adalah :


  1. Harta tersebut (yang di sedekahkan) akan diberkahi dan akan dihilangkan dari berbagai dampak yang berbahaya pada harta tersebut. Kekurangan harta akan ditutup dengan keutamaan keberkahan. Secara terlihat dan secara kenyataan bisa dirasakan.
  2. Walau secara wujud harta yang disedekahkan itu berkurang, tapi berkurangnya harta tadi akan ditutupi dengan pahala di sisi Allah dan akan ditambah terus dengan berkali kali lipat yang amat banyak. (Lihat syarh shahih muslim 16: 128)


  • Bertakwa Pada Allah Ta'ala
Dalam surat  at-thalaq ayat ke 2 - 3, Allah Azza Wa Jalla Berfirman :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا , وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

" WAMAN YATAKILLAHA YAJ'AL LAHU MAGHROJAN, WA YARZUKHU MIN HAITSU LAA YAHTASIBU "


Artinya : "Dan siapa yang bertakwa pada Allah niscaya ia akan Mengadakan untuknya jalan keluar, dan memberi rezeki kepadanya dari arah yang ia tidka sangka-sangka. Dan siapa yang bertawakkal pada Allah niscaya Allah akan mencukupkan nya."
Dan dari Ibnu Taimiyah R.A, Beliau memberikan penjelasan tentang taqwa, berikut ini penjelasan beliau :

“ Takwa ialah seseorang yang beramal ketaatan kepada Allah atas petunjuk dari Allah karena mengharap rahmat Allah azza wa jalla dan dia meninggalkan segala maksiat karena Allah dan karena takut atas siksa-Nya(apabila ia mengerjakan maksiat). seseorang itu dikatakan mendekatkan  diri pada Allah dengan menjalankan kewajiban dan mengerjakan hal-hal yang disunnahkan. Seperti pada firman Allah Azza Wajalla :

وَمَا تَقَرَّبَ إِلَىَّ عَبْدِى بِشَىْءٍ أَحَبَّ إِلَىَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ

" WAMAA TAKORROBA ILAYYA 'ABDII BISYAIIN  AHABBA ILAYYA MIMMAF TARODHTU 'ALAIHI, WAMAA YAZAA LU 'ABDII YATAKORROBU ILAYYA BINNAWAA FILI YATTA AHIBBUHU "

Artinya :  " Dan Tiada seorang hamba yang mendekatkan dirinya pada-Ku (Allah) dengan amalan wajib yang Aku cintai. Dan hamba-Ku selalu mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan amalan yang sunnah hingga Aku (Allah) mencintainya."
ini adalah hadits yang shahih dan disebutkan dengan hadits qudsi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari." (Lihat Majmu’ Al-Fatawa, 10: 433).


  • Haji Dan Umrah

Dan Abdullah bin Mas’ud R.A, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ

Artinya : " Sertakanlah umrah disaat haji, karena keduanya (umrah dan haji) dapat menghilangkan kemiskinan dan juga dosa-dosa seperti pembakaran yang menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak" Hadist Riwayat An-Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1: 387. (Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)
Jadi dapat disimpulkan bahwasanyya haji dan umrah bisa membuka dan juga melapangkan rezeki dari Allah Ta'ala.

  • Berdoa Meminta Rezeki Dengan Istiqomah (Terus Menerus)
Dan hadits yang bersumber dari Ummu Salamah R.Ha, ia menyatakan:

Setiap kali rosullulah shallallahu ‘alaihi Waallam, Beliau membaca doa berikut ini setelah salam, beliau membaca doa :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

" ALLHUMAA INNI AS ALUKA 'ILMAN NAFI'A, WA RIZQON THOYIBAN WA AMALAN MUTAQOBALAN "


Artinya : " Ya Rabb, sesungguhnya aku mohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan rezeki yang halal serta amal yang diterima."
Hadist di atas di riwayatkan oleh Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. ( Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Doa diatas juga termasuk di dalam dzikir setelah sholat, silahkan antum pelajari juga di " Bacaan dzikir setelah sholat ".

Dan doa dari hadist yang lain dari ali, bahwa rosullulah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengajarkan doa :

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

" ALLHUMMAKFINII BIHALALIKA 'AN HAROOMIKA WA AKHNINII  BI FADHLIKA 'AMMAN SIWAK "


Artinya :  " Ya rabb, cukupkan bagiku dengan yang halal dan jauhkanlah diriku dari yang Engkau haramkan, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dengan tidak bergantung pada selain Engkau”. Hadist Riwayat. Tirmidzi no. 356 (Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

  • Menyantuni Para Penuntut Ilmu
 Untuk poin ini hampi sama dengan bersedekah di jalan Allah, dan dalam sebauh hadist dari anas bin malik R.A yang artinya :
Artinya : " Dahulu ada 2 orang yang bersaudara pada zaman Nabi Muhammad shallallaahu ’alaihi wasallam. Salah seorang mendatangi (untuk belajar) pada Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam, sedangkan yang lainnya bekerja. Dan saudaranya yang bekerja itu mengadu pada Rasulullah(karena dia memberikan sedekah pada saudaranya itu), maka Beliau shallallaahu ’alaihi wasallam bersabda : " Mudah-Mudahan engkau diberikan rezeki dengan sebab dia". Hadist Riwayat Tirmidzi dan Al Hakim (Lihat kitab Shahih Tirmidzi)
Jadi teman teman semua, amalan amalan diatas semoga bisa antum kerjakan dan selalu beristiqomah lah dalam pengamalannya, baik teman teman semua. Islam mengajarkan kebaikan kepada umatnya dan mengharamkan jalan yang tidak di ridhoi ataupun penyimpang dalam aturan syariat.

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini pada tema " Amalan Pembuka Pintu Rezeki Yang Banyak Dalam Islam " semoga bisa bermanfaat dan bisa di amalkan bersama.

>> Video kajian tentang amalan pembuka rezeki




Untuk teman teman yang ingin download video di atas dalam bentuk audio mp3 silahkah antum klik link unduh berikut ini : Download

Kata Kata Bijak : " Bekerjalah dengan baik, maka angka yang baik akan datang dengan sendirinya ".

0 Response to "Amalan Pembuka Pintu Rezeki Yang Banyak Dalam Islam"

Post a comment

Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron