...

Bagaimana Shalat Saat Gerhana Bulan Dan Matahari

Bagaimana Shalat Saat Gerhana Bulan Dan Matahari ? - Mengenai peraturan shalat gerhana bulan dan matahari atau shalat khusufiyah apakah harus berjamaah dan juga seperti apa tata cara, niat, bacaaan, serta keutamaan shalat gerhana kali ini akan kita ulas secara lengkap dan ringkas dan mudah untuk dipahami berdasarkan dalil tentang shalat gerhana.



Bagi sebagian umat muslim hal semacam ini pasti masih ada yang asing dan ada yang sudah terbiasa, semua ini harap dimaklumi karena shalat gerhana sendiri memang jarang sekali di lakukan karena peristiwa seperti ini sangat langka. Namun dikalangan para penuntut ilmu hal seperti pasti sudah pernah dipelajari. Dan pada kali ini mari kita pelajari mulai dari dalil shalat gerhana terlebih dahulu

Adapun hadits shalat gerhana adalah sebagai berikut.

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَا يَكْسِفَانِ لِمَوْتِ اَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ وَلَكِنَّهُمَا آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ تَعَالَى فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَقُومُوا وَصَلُّوا

Artinya : " Sungguh, gerhana matahari dan bulan tidak terjadi karena sebab mati atau hidupnya seseorang, tetapi hal itu merupakan salah satu tanda kebesaran Allah. Oleh karena itu, bila kalian melihat gerhana matahari dan gerhana bulan, bangkit dan shalatlah kalian," (HR Bukhari-Muslim).
Setelah kita mengetahui dalil dari shalat gerhana bulan dan matahari, lalu apa keutamaan melakukan shalat gerhana tersebut ?

> Keutamaan Shalat Gerhana

  • Mengagungkan Allah Ta'ala dengan kuasa-Nya yang mampu menutupi sinar bulan.
  • Menandakan kita umat yang taat dan patuh terhadap Nabi Muhammad S.A.W.
  • Menunjukan bahwasannya manusia itu sangat lemah dan tidak punya daya apapun kecuali atas pertolongan Allah Ta'ala.
  • Menyingkirkan prasangka buruk seperti saat awal di perintahkannya shalat khusuf dimana pada masa itu telah terjadi suatu peristiwa kematian ibrahim putra nabi Muhamad S.A.W
Dari penjelasan diatas bagaimana tata cara shalat khusuf, niatnya, bacaannya dan segala yang terkali dengan shalat gerhana. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Tata Cara Shalat Gerhana Bulan Dan Gerhana Matahari



Untuk shalat gerhana bulan dan matahari berikut ini tata caranya.

  • Niat Shalat Gerhana
Untuk niat shalat gerhana sendiri cukup di niatkan didalam hati bahwasannya kita ingin melakukan shalat gerhana karena Allah Ta'ala semata.

  • Gerakan Shalat Gerhana
Untuk gerakan shalat gerhana adalah sebagai berikut :
1. Shalat gerhana terdiri dari 2 rakaat
2. Dalam satu rakaat shalat gerhana terdiri dari 2 ruku dan satu sujud
3. Setelah ruku yang pertama, kemudian bangkit dari ruku lalu bersedekap dan membaca al fatihah kembali sampai dengan ruku lagi dan di teruska dengan sujud.
4.  Pada rakaat ke-2 dalam shalat gerhana sendiri masih sama seperti yang ada pada rakaat pertama.
5. Salam.

  • Khotbah Sholat Gerhana

Setelah selesai dengan shalat gerhana bulan dan matahari maka dilanjutkan dengan khotbah gerhana. Adapun hal tersebut adalah sunnah yang dilakukan Rosullullah Shallallahu'alaihi Wasallam dulu ketika mengerjakan shalat gerhana bulan dan matahari.

Baik teman teman semuanya, semoga kita bisa istiqomah dalam mengerjakan hal kebaikan dan sunnah nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. Terimakasih sudah berkunjung dan mengambil sedikit ilmu yang kami bagikan kali ini.

0 Response to "Bagaimana Shalat Saat Gerhana Bulan Dan Matahari"

Post a comment

Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron