...

Tips Menghafal Al Quran Dengan Cepat Dan Mudah

Tips Menghafal Al Quran Dengan Cepat Dan Mudah - Teman teman dataislami.com kali ini ana akan berbagi tips bagaimana caranya untuk menghafal alquran supaya mudah dan cepat, dan cara ini sudah terbukti dan sering di sampaikan oleh para penghafal al quran.

Tips Menghafal Al Quran Dengan Cepat Dan Mudah


Oh iya bagi teman teman semua yang ingin mempelajari cara menghafal alquran dengan cepat dan tidak mudah lupa ada baiknya pelajari terlebih dahulu metode tahsin al quran yang di bimbing oleh ustadz abu rabbani. Karena metode tahsin sangat penting untuk kita pelajari supaya kita bisa benar dan tepat dalam pengucapan huruf, panjang pendeknya huruf serta lain nya yang berkaitan dengan kaidah membaca al quran.

Untuk Teman teman yang mempunyai adik, anak atau saudara yang masih berusia anak anak khusunya anak yang masih berada di usia emas seperti misal masih berumur 5 tahun dan sudah bisa berbicara lancar metode atau tips menghafal al quran kali ini bisa di terapkan. Cara cepat menghafal al quran untuk anak hampir sama dengan semua usia hanya saja kesabaran dari pengajarnya yang harus di kontrol benar benar supaya anak masih mau dan terus menghafal al quran sampai dengan selesai. Nah, berikut ini Tips Untuk Menghafal Al Quran

Cara Menghafal Al Quran Yang Efektif


Beberapa tips ini sudah saya praktikan sendiri sewaktu di pondok dulu, dan terbukti sampai saat ini hafalan tersebut masih melekat walaupun waktu menghafal sudah di potong untuk bekerja. Berbeda sewaktu di pondok dulu yang waktu menghafal al quran saya masih banyak.

Tips Menghafal Al Quran Dengan Cepat Dan Mudah

Baik teman teman semua berikut ini tips untuk menghafal al quran nya silahkan di pelajari.

  • Pertama Niat
Niat karena Allah Azza Wa Jalla dan tidak menghadap pujian dari makhluk, dengan meluruskan niat kita dari awal insya allah kita akan lebih istiqomah dan lebih bisa fokus. Dengan bermodalkan niat yang kuat insya allah akan di barengi dengan tekad yang kuat pula.

  • Kedua, Menjaga Wudhu
Selalu Menjaga Wudhu adalah salah satu kiat yang paling susah untuk di lakukan, namun akan terasa mudah nantinya setelah kita terbiasa, untuk diawal awal mempraktikan hal ini dulu saya merasa sangat berat namun setelah hari demi hari kita beristiqomah untuk menjaga wudhu maka akan terasa janggal nantinya kalau kita tidak menjaga wudhu kita atau bisa di bilang kita akan kecanduan wudhu/ bersuci.

  • Ketiga, Mengahfal Dari Juz 30
Mulai menghafal dari juz 30 terus ke 29 begitu seterusnya sampai juz 27 setelah hafal 3 juz maka mulailah menghafal dari juz 1, tips menghafal al quran yang satu ini sudah banyak di terapkan di madrasah pondok pesantren manapun.

Kenapa tidak dimulai dari juz 1 saja ? pertanyaan seperti ini juga ada di fikiran saya dulu, setelah mendapatkan penjelasannya maka saya pun bisa menyadarinya. Lalu apa alasannya ? berikut ini alasan nya:

" Dengan menghafal mulai dari juz 30 yang berisikan surat surat pendek, maka otak kita yang belum terbiasa menghafal al quran akan lebih mudah beradaptasi untuk kemudian menghafal ayat ayat yang panjang, selain itu dengan menghafal juz 30. Disaat sholat kita sudah punya banyak hafalan surat pendek ".

  • Keempat, Mengahal Perbaris Ayat
Didalam menghafal alquran bacalah 1 baris ayat terlebih dahulu sampai 20-25 kali baru setelah itu mulai di hafal. Dengan demikian otak kita akan lebih mudah untuk menghafal al quran khususnya untuk pemula hal ini akan sangat terasa di awal awal menghafal dan bisa di rasakan setelah hafal separuh juz.

  • Kelima, Mengeraskan Suara Saat Menghafal
Dengan melantangkan suara ketika membaca, tips menghafal al quran ini sangat berpengaruh sekali untuk para penghafal supaya cepat hafal dari pada yang membacanya dengan nada lirih atau pelan. Indra pendengaran merupakan salah satu faktor pendukung agar kita mudah untuk menghafal.

Ini merupakan tips yang sedikit susah untuk dipraktikan, terutama untuk para penghafal yang baru saja memulai. Terlebih lagi untuk yang belum terlalu fasih membaca huruf arab pasti akan sedikit malu untuk mengeraskan suaranya. Namun jangan malu karena orang yang terbata bata saat membaca al quran akan mendapat 2 pahala yaitu pahala membaca dan pahala belajar membaca al quran.

  • Keenam, Mengulang Hafalan
Setelah hafal beberapa surat lalu sediakan waktu untuk muroja'ah (mengulang hafalan), dan untuk yang sudah hafal satu juz luangkan waktu  1 - 1,5 jam itu adalah rata rata waktu murojaah atau mengulang hafalan dengan bacaan pelan.

Dan untuk yang baru hafal beberapa surat, misal separuh juz maka sediakan waktu satu jam saja dalam seminggu untuk mengulang hafalan agar tidak lupa tertimpa hafalan baru.

Muroja'ah sewaktu sholat sunnah, tips ini sangat efektif untuk membantu kita melekatkan hafalan.

  • Ketujuh, Berdoa
Berdoa, jangan lupa berdoa karena doa adalah senjatanya umat islam dengan begitu insya allah niat kita maka akan di mudahkan dan di tunjuki jalan terbaik oleh Allah Ta'ala. Adapun niat berdoa yang baik adalah sesuai sunnah, namun tidak berdosa bila kita berdoa sesuai keinginan dan kebutuhan kita.

Untuk doa yang sunnah adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا


" Allahumma inni asaluka ilman nafi'a, wa rizqon toyiban, wa amalan mutaqobalan "

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan rizki yang halal serta amal yang diterima."
Doa tersebut juga termasuk dzikir setelah sholat yang di baca di waktu shubuh.


  • Kedelapan, Memberikan Hadiah


Untuk anak anak yang sedang menghafal, berilah hadiah ketika mereka sudah merampungkan satu juz saja dari al quran supaya timbul semangat . Dengan begitu kita sudah memberikan salah satu suntikan motivasi yang bisa mendongkrak keinginan meraka untuk terus menghafal.
Baik teman teman semuanya demikian tadi tips menghafal al quran yang dapat di bagikan pada teman tema semuanya, semoga bisa antum amalkan dan semoga kita selalu di istiqomahkan dalam pengamalannya, syukron.

0 Response to "Tips Menghafal Al Quran Dengan Cepat Dan Mudah"

Post a comment

Berikan kritik dan saran terbaik anda untuk kemajuan kami, sukron